You are currently viewing Tim Mahasiswa FT UMS, Siap Bersaing pada KKCTBN 2023

Tim Mahasiswa FT UMS, Siap Bersaing pada KKCTBN 2023

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Tim mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), siap bersaing pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023.

Prodi Teknik meliputi Teknik Mesin, Elektro dan Industri UMS yang diketuai Muhammad Muflih Firdaus dengan anggota Moch Rama Indra Yudistira, Mohammad Tafta Zzani Roy S, Setya Adi Darma dan Adin Nur Rohman telah lolos seleksi tahap dua kategori Leisure Boat Electric Remote Control KKCTBN 2023.

“Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2023 akan berlangsung 24-28 Oktober 2023 mendatang di Universitas Indonesia (UI)”, kata anggota tim Moch Rama Indra Yudistira melalui Humas UMS, Sabtu (7/10/2023).

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2023, lanjut Moch Rama Indra Yudistira, diselenggarakan Kemendikbud Ristek. Kegiatan yang berlangsung merupakan agenda lomba inovasi teknologi desain, pembuatan prototip, dan performa prototip di bidang teknologi  perkapalan-maritim ditujukan kepada mahasiswa dan dilaksanakan setiap tahun.

Pelbagai persiapan mengikuti KKCTBN 2023 sudah dilakukan, diantaranya  membuat cetakan kapal. Untuk mengerjakan hal disebut terakhir, tim melaksanakan pembuatan desain terlebih dahulu.

Untuk pembuatan cetakan kapal diperlukan waktu  persiapan kurang lebih satu bulan.

“Proses pembuatannya terlalu mepet karena terhalang anggota tim yang pulang kampung,  bertepatan pada libur semester. Semoga timnya lolos di babak lanjutan, dan menambah kategori yang lain serta mendapatkan juara,” ujarnya.

Pada kesempatan berbeda Kepala Biro Kemahasiswaan, Ir., Ahmad Kholid Alghofari, ST., M.T., mengungkapkan, adanya KKCTBN 2023, memunculkan keinginan UMS mengambil peran di lomba bidang teknologi.

Keinginan demikian untuk menunjukkan bahwa UMS merupakan kampus yang unggul dan mampu bersaing di bidang teknologi.

“Kita mensupport dan memfasilitasi tim dengan memberangkatkan ke Malang, untuk belajar bagaimana membuat proposal serta pendamping, untuk mengarahkan agar proposal lebih terarah,” terangnya.

Tim Humas UMS juga membantu proses dalam pembuatan video pada tahap 1 perlombaan ini.

Bagus Adji

Sumber : https://suarabaru.id/2023/10/08/tim-mahasiswa-ft-ums-siap-bersaing-pada-kkctbn-2023