You are currently viewing Tim Robotik SDIT Nur Hidayah Solo Ikuti Pembelajaran Bersama KMTE Robot UMS

Tim Robotik SDIT Nur Hidayah Solo Ikuti Pembelajaran Bersama KMTE Robot UMS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk menambah wawasan par siswa tentang robot, tim Robotik SD Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah, Solo mengikuti kegiatan pembelajaran di KMTE Robot Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (30/9/2023).

Kegiatan ekstrakurikuler tatap muka di SDIT Nur Hidayah yang sempat vacum selama pandemi, kini kembali bergeliat.

Berbagai kegiatan sebagai wahana menyalurkan bakat seperti itu, tentu dirindukan oleh semua siswa. Karena itu perlahan tapi pasti kegiatan berupa outing class menjadi salah satu yang ditunggu.

Sabtu pagi itu, sekolah dengan motto ‘Terdepan dalam Kebaikan’ tersebut menambah wawasan tentang robot di KMTE Robot Research Fakultas Teknik Elektro UMS Surakarta.

Didampingi oleh tiga guru robotik, para siswa belajar mengoperasikan robot pengikut garis langsung dari para mahasiswa UMS yang tergabung dalam UKM tersebut.

Robot-robot pengikut garis ini dijalankan dengan menggunakan energi batu baterai. Robot tersebut dioperasikan untuk melalui lintasan yang disediakan sesuai pemrograman.

Meski dengan waktu terbatas, anak-anak tetap antusias. Para siswa juga dijelaskan tentang berbagai fungsi robot di sekitar kita. Di akhir sesi, para siswa mendapat kenang-kenangan bagi yang bisa menjawab pertanyaan.

“Hari ini aku senang bisa menjawab pertanyaan dari kakak-kakak dan bisa banyak belajar,” ungkap Latifah N Izza, siswa kelas 4D, satu-satunya anak putri yang ikut robotik.

Tak hanya berkutat pada robot, para siswa juga melakukan tur kampus. Anak-anak diajak jalan-jalan untuk mengenal lingkungan kampus. Dengan harapan, anak-anak semakin memiliki keinginan kuat untuk terus belajar.

“Selama ini anak-anak belajar di sekolah bersama teman separalel saja. Tapi hari  ini tiga paralel bergabung belajar bersama di luar nsekolah. Semoga menjadi salah satu pengalaman terbaik nbagi para siswa,” papar Sutrisna pengampu ekstrakurikuler robotik, seperti dikutip dalam rilisnya ke JoglosemarnewsSuhamdani

Sumber : https://joglosemarnews.com/2023/10/tim-robotik-sdit-nur-hidayah-solo-ikuti-pembelajaran-bersama-kmte-robot-ums/2/?singlepage=1