ISS 2024: LLDIKTI Wilayah VI Apresiasi Program Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang

ums.ac.id, SURAKARTA – Dr. Bhimo Widyo Andoko, SH., MH., Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, memberikan apresiasi besar terhadap program Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dalam penyelenggaraan International Student Summit (ISS) 2024 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Dalam sambutannya, Dr. Bhimo mengucapkan selamat kepada penerima beasiswa KNB 2024 yang berhasil lolos seleksi dari lebih dari 4.000 pendaftar dari berbagai negara.

“Anda semua adalah yang terbaik dari yang terbaik. Kami bangga bisa menyambut kalian di Indonesia,” ujarnya dengan penuh antusias Senin, (14/10) di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Dia juga menyoroti peran penting beasiswa KNB dalam mempererat hubungan diplomasi antara Indonesia dan negara-negara sahabat, sekaligus memperkuat kerja sama di bidang pendidikan.

Sejak tahun 2006, lanjutnya, program ini telah memfasilitasi lebih dari 2.000 mahasiswa dari berbagai negara berkembang di kawasan Asia, Pasifik, Afrika, dan Eropa Timur.

“Program beasiswa ini bukan hanya bentuk kontribusi Indonesia dalam membangun peradaban global, tetapi juga cara untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan sistem pendidikan Indonesia kepada dunia,” tambahnya saat sambutan di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Bhimo juga mengakui bahwa meskipun ada banyak tantangan yang dihadapi, seperti adaptasi sosial dan budaya serta kendala bahasa, program ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi para penerima beasiswa.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan angka kelulusan penerima beasiswa KNB, sehingga mereka dapat kembali ke negara asal dengan hasil yang memuaskan,” lanjutnya.

Dalam acara ISS UMS 2024, dia berharap para peserta tidak hanya mendapatkan pengalaman akademik, tetapi juga mengenal lebih dalam tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia.

“Kami ingin kalian membawa cerita tentang betapa luar biasanya Indonesia ke negara asal kalian,” pungkasnya.

Sebagai penutup, dia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam kesuksesan penyelenggaraan International Student Summit 2024 di UMS, serta berharap kerja sama internasional ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas di masa depan. (Fika/Humas)