ISS UMS 2024 Ajak Ratusan Mahasiswa Asing Jelajahi Keindahan Kemuning dan Candi Cetho

ums.ac.id, SURAKARTA – Hari ketiga International Student Summit (ISS) 2024 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berlangsung seru, dengan peserta diajak menjelajahi keindahan alam Kemuning, Karanganyar.

Setelah perjalanan dari Solo menggunakan bus, ratusan mahasiswa asing dari berbagai negara disambut dengan pengalaman seru naik Jeep menuju Candi Cetho pada Rabu, (16/10). Kegiatan ini menjadi momen yang tak terlupakan bagi mahasiswa internasional untuk lebih mengenal budaya dan keindahan Indonesia.

Ketua Panitia ISS 2024, Wijianto, M.Eng.Sc

Ketua Panitia ISS 2024, Wijianto, M.Eng.Sc., mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi mahasiswa internasional yang jauh dari rumah.

“Konsep yang kami bawa adalah menciptakan suasana yang happy dan gembira. Kami ingin mereka merasakan kebahagiaan selama tinggal di Indonesia, meski jauh dari orang tua dan negara asal,” jelas Wijianto.

Acara ini meliputi berbagai aktivitas, seperti Welcoming Dinner, lomba-lomba, maupun kunjungan ke Kampoeng Batik Laweyan, dan naik Jeep ke Candi Cetho, Karanganyar.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap peserta dapat mengenal situs-situs budaya Indonesia dan menyadari bahwa Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya,” tambahnya.

Wijianto menekankan bahwa penting bagi mahasiswa internasional untuk melihat Indonesia tidak hanya sebagai negara yang tertinggal, tetapi juga sebagai bangsa dengan peradaban yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Sebagai tuan rumah ISS tahun ini, UMS juga berharap bahwa pelaksanaan acara di tahun-tahun mendatang akan lebih baik dan lebih memuaskan.

Foto Bersama Peserta ISS 2024 di Candi Cetho, Karanganyar

“Kami ingin setiap tahun membawa inovasi baru, seperti tahun ini ada kegiatan touring Jeep yang belum pernah ada sebelumnya,” ungkapnya.

Dengan kesuksesan ISS 2024, dia berharap agar pengalaman ini bisa menjadi salah satu momen terindah bagi para peserta selama mereka tinggal di Indonesia.

Maghfera Reda Ahmad, mahasiswa asal Egypt, Mesir berbagi pengalamannya selama mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam wawancaranya, dia mengungkapkan betapa menikmati setiap momen yang dihabiskan bersama mahasiswa dari berbagai negara dan berinteraksi dengan budaya Indonesia.

“Saya benar-benar menikmati hari-hari ini. Aktivitasnya, bertemu orang-orang dari berbagai kebangsaan, dan berinteraksi lebih banyak dengan masyarakat Indonesia sangat menyenangkan,” ujarnya.

Maghfera juga menyoroti kegiatan budaya, termasuk kunjungan ke situs-situs bersejarah, sebagai pengalaman yang luar biasa.

Salah satu aktivitas yang paling berkesan adalah penggunaan transportasi Jeep yang unik untuk menjelajahi tempat-tempat menarik.

“Ini sangat keren!” tambahnya dengan antusias.

Maghfera juga berbagi tentang makanan favoritnya, yaitu soto, sate, dan rendang.

“Saya sangat menyukainya. Makanan Indonesia sangat lezat,” katanya.

Dia mencatat bahwa Indonesia merupakan destinasi yang sangat menarik dan pelayanan hospitalitas yang sangat baik.

Dengan latar belakang pendidikan di bidang sastra, Maghfera berharap pengalaman ini tidak hanya memperluas wawasan budaya, tetapi juga mempererat hubungan antar mahasiswa internasional di ISS.

“Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk belajar dan bertukar pengalaman,” tutupnya.

Kegiatan ISS 2024 berhasil memberikan momen berharga bagi mahasiswa internasional seperti Maghfera, menciptakan kenangan yang akan selalu diingat. (Fika/Humas)