ISS UMS 2024 Perkuat Pendidikan Muhammadiyah di Kancah Internasional

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Student Summit (ISS) 2024, yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai negara.

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.Si., menyambut hangat para peserta ISS 2024.

Kemudian, dia menjelaskan peran besar Muhammadiyah sebagai organisasi sosial dan keagamaan Islam yang moderat di Indonesia.

“Muhammadiyah adalah organisasi sosial-keagamaan Islam yang memiliki karakter moderat dan sangat fokus pada pengembangan pendidikan, kesehatan, serta layanan sosial,” ungkapnya Senin, (14/10) di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Dia juga menyoroti bahwa Muhammadiyah telah mengelola lebih dari 166 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, termasuk UMS, yang menjadi salah satu unit pendidikan tinggi unggulan di bawah naungan Muhammadiyah.

“Kita bangga bisa menyambut kalian di salah satu institusi Muhammadiyah, UMS, yang dikenal dengan kontribusinya dalam pendidikan berkualitas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Diktilitbang PP Muhammadiyah itu berharap agar para peserta ISS mendapatkan pengalaman baru tentang pendidikan Muhammadiyah serta mengenal lebih dekat budaya dan masyarakat Indonesia.

“Saya berharap ISS ini memberi kalian kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang sistem pendidikan Muhammadiyah, dan juga budaya serta masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Acara ISS ini diharapkan tidak hanya mempererat hubungan antarbangsa melalui pendidikan, namun juga memperkenalkan nilai-nilai moderasi, kemajuan, dan kemanusiaan yang menjadi ciri khas Muhammadiyah.

Di akhir sambutannya, Prof. Bambang Setiaji menyampaikan apresiasi kepada para peserta dan berharap mereka dapat menikmati waktu mereka di Indonesia.

“Terima kasih atas kehadiran kalian, semoga kalian mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan selama di sini,” pungkasnya. (Fika/Humas)