THE WUR 2025, UMS Jadi Kampus Islam Terbaik di Indonesia!

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi kampus Islam terbaik di Indonesia menurut data pemeringkatan dari Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2025. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor V UMS, Prof. Supriyono, ST., MT., Ph.D.

Wakil Rektor V UMS itu mengungkapkan yang masuk radar kampus dengan background Islam itu ada beberapa kampus di Indonesia, seperti Universitas Islam Indonesia (UII), kemudian saudara Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah seperti kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan lain sebagainya.

“Pada tahun ini Alhamdulillah, UMS itu memiliki nilai paling tinggi rankingnya di antara perguruan tinggi Islam yang masuk radarnya THE di Indonesia,” ungkapnya Rabu, (9/10).

Perolehan tersebut berhasil memantapkan posisi UMS sebagai kampus Islam nomor satu di Indonesia dan meneguhkan reputasinya di tingkat internasional.

Dalam rilis resmi, lanjutnya, UMS berhasil menduduki peringkat 1201-1500+ dunia dan peringkat kedua dari kampus bergengsi seperti Institut Teknologi Bandung, BINUS University, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Sebelas Maret.

“Kita sudah mengirim data sesuai dengan data yang harus kita input, salah satu indikator itu mengambil dari databasenya Scopus dan itu nilainya cukup besar,” tambahnya.

Sehingga itu menjadikan UMS berhasil menempatkan posisi nomor satu di Indonesia terkait kualitas riset. Kemudian apabila dilihat dari skor, didapatkan dari perbandingan antara jumlah Scopus dan jumlah sitasinya. Jika melihat jumlah sitasi secara umum dengan jumlah dokumen di Indonesia, menjadikan kualitas riset di Kampus Islam Terbaik ini cukup bagus.

Menurutnya, ini merupakan cermin dari sebuah Perguruan Tinggi yang mempunyai reputasi yang baik, dilihat dari indikatornya mulai dari Research Quality, Teaching, Research Environment, International Outlook, dan Industry.

“Jadi ini menjadi ekosistem dan iklim riset yang baik di Perguruan Tinggi. Selain itu, dalam internasionalisasi di mana sekarang kita cukup tinggi di research quality tadi,” tegas Wakil Rektor V UMS.

Wakil Rektor V UMS itu mengungkapkan, UMS pada tahun ini baru mengikuti dan submit untuk THE WUR 2025 dan dari data tersebut menjadikan UMS sebagai Kampus Islam Terbaik di Indonesia.

“Dengan perolehan ini, dapat memberikan semangat yang lebih kuat kepada kita untuk terus meningkatkan kualitas riset di UMS. Saya pribadi memiliki anggapan bahwa Perguruan Tinggi yang berkelanjutan ketika memiliki kualitas riset yang bagus,” tegasnya. (Fika/Humas)