Tingkatkan Kemampuan Dosen, Fakultas Teknik UMS Gelar Pelatihan TRIZ Level 1

ums.ac.id, SURAKARTA – Dalam rangka meningkatkan skill dan pemahaman proses creative problem solving, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (FT UMS) memberikan fasilitas pelatihan dan sertifikasi TRIZ Level 1 kepada dosen FT UMS. Pelatihan ini bekerjasama dengan Indonesia TRIZ Practitioner Association (INTRIZ).

Perwakilan pimpinan FT UMS, Wisnu Setiawan, S.T., M.Arch., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan dan sertifikasi tersebut dilakukan selama 2 hari yaitu secara luring di Lor In Syariah Hotel, Solo.

”Kami berharap pelatihan dan sertifikasi selama 2 hari ini memberikan manfaat yang luar biasa kepada bapak/ibu dosen di Fakultas Teknik, ambil sebanyak mungkin ilmu dari pembicara yang luar biasa kali ini, sehingga nantinya kita bisa mengimplementasikan metode TRIZ ini dengan baik,“ ungkap Wisnu Setiawan Senin, (14/10).

Narasumber Pelatihan, Dr. Eng. Risdiyono, S.T., M.Eng.,

Pelatihan ini menghadirkan pembicara yaitu Dr. Eng. Risdiyono, S.T., M.Eng., yang merupakan Certified TRIZ Level 3 sekaligus Ketua TRIZ Indonesia. Pelatihan ini diikuti sekitar 22 peserta dosen Fakultas Teknik yang berasal dari 6 program studi.

Kegiatan ini dikemas secara menarik sehingga peserta bisa memahami materi dengan baik, salah satunya di setiap sesi materi diadakan proses review dengan cara memberikan peserta kuis online. Bagi peserta yang berhasil mendapatkan skor tertinggi akan mendapatkan hadiah merchandise dari pembicara.

Salah satu peserta pelatihan yaitu Ir. Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D., yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik memberikan testimoninya selama mengikuti pelatihan TRIZ Level 1 ini.

”Alhamdulillah sudah selesai selama 2 hari pelatihan TRIZ Level 1 dengan materi yang sangat luar biasa, ditambah fasilitator bapak Risdiyono dengan sabar dan semangat memberikan ilmunya kepada kami. Kita dosen FT, secara pribadi bersyukur mendapatkan kesempatan ini, kaitannya dengan tugas kita dalam mendidik mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang kreatif inovatif,“ ungkap Rois Fatoni.

Semoga setelah ini, lanjut Rois, FT UMS bisa segera mengimplementasikan dan merumuskan metodologi TRIZ ini untuk ditularkan dan diajarkan kepada mahasiswa sehingga mereka memiliki tools dalam berpikir kreatif dan inovatif.

Setelah mengikuti pelatihan yang digelar pada Jumat-Sabtu (11- 12/10/24), peserta akan diberi waktu untuk mereview kembali materi TRIZ Level 1 di mana nantinya akan ada ujian sertifikasi. Harapannya peserta bisa lulus sehingga bisa melanjutkan ke sertifikasi TRIZ Level 2. (Fika/Basir/Humas)