You are currently viewing Panitia PMB UMS Gelar Rapat Koordinasi, Bahas Strategi Seleksi TA 2024/2025

Panitia PMB UMS Gelar Rapat Koordinasi, Bahas Strategi Seleksi TA 2024/2025

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2024/2025 di Ruang One Day Service (ODS) Gedung Induk Siti Walidah Lantai 3, Kamis, (16/11/2023).

Rakor tersebut dihadiri oleh 28 panitia dari berbagai biro yang terlibat, yaitu: Biro Rektorat; Biro Administrasi Akademik; Biro Keuangan; Biro Teknologi Informasi; Biro Kerjasama dan Urusan Internasional; Biro Aset Universitas; Sekolah Pascasarjana; dan Satpam.

Kepala Bagian Admisi dan Akademik Biro Administrasi Akademik UMS, Ratnanto Fitriadi, M.T., menyatakan adanya perbedaan tes kali ini dengan tahun sebelumnya, tahun ini teknis pendaftaran PMB dipermudah.

“Untuk tahun ini, calon mahasiswa dapat melakukan tes Computer Based Tes (CBT) sebelum melengkapi berkas. Hal ini dapat mempermudah calon mahasiswa, karena peserta sudah dipastikan lolos tes, lalu melengkapi berkas. Namun kita juga akan memberikan masukan kepada calon mahasiswa untuk melengkapi berkas sebelum tes CBT,” kata Ratnanto dikutip dari rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM

Dalam kesempatan itu, Ketua PMB UMS, Dr., Triyono, M.Si., menyampaikan strategi dalam seleksi PMB TA 2024/2025 salah satunya yaitu seleksi secara online pada daerah masing-masing peserta.

“Tes daerah sendiri dilakukan di daerah daerah terdekat yang ada di UMS sehingga mempermudah calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Terdapat perbedaan tes tahun ini dengan yang kemarin, tes jalur online ini dapat dilakukan di rumah masing-masing yang akan dilaksanakan pada tanggal-tanggal tertentu,” kata Triyono, sekaligus Kepala Biro Administrasi Akademik UMS.

Triyono juga mengatakan, kegiatan ini pada dasarnya untuk persiapan melakukan strategi-strategi PMB. UMS menggunakan permutasi untuk penggunaan soal tes.

“Penggunaan permutasi dilakukan agar peserta tidak mendapatkan soal yang sama walaupun mereka melakukan tes lebih dari satu kali. Soal yang digunakan terdapat soal IPS, IPA dan IPA untuk prodi kedokteran,” ungkap ketua PMB itu.

Dia berharap, semoga PMB ini menjadikan amalan baik bagi panitia PMB.

“Semoga kita sebagai panitia PMB amanah dalam menjalankan tugas, sehingga PMB mudah dilakukan dan dilaksanakan dan semoga kuota PMB dapat terpenuhi sesuai dengan yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Melihat peminat pendaftaran yang cukup tinggi, Dia berpesan kepada calon mahasiswa UMS agar segera mendaftar ke UMS, karena jika mendaftar di awal periode tidak terlalu banyak pesaing dan passing grade tidak terlalu tinggi. Wans

Sumber: https://joglosemarnews.com/2023/11/panitia-pmb-ums-gelar-rapat-koordinasi-bahas-strategi-seleksi-ta-2024-2025/