You are currently viewing UMS Lepas Dua Kontingen pada Ajang PIMNAS ke-36 di Universitas Padjadjaran

UMS Lepas Dua Kontingen pada Ajang PIMNAS ke-36 di Universitas Padjadjaran

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Sembilan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang terbagi menjadi dua tim, akan diberangkatkan ke Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), pada 26-30 November 2023.

Sebelum keberangkatan, sembilan mahasiswa ini diberikan arahan pada kegiatan ‘Pelepasan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional UMS’ di Hall Gedung Induk Siti Walidah lt. 2, pada Jumat (24/11).

Kepala Bagian Penalaran, Kreativitas dan Softskill, Muhammad Alfatih Hendrawan, S.T., M.T., menyebutkan bahwa terdapat sekitar 525 tim dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) seluruh Indonesia, dan UMS berhasil mengirimkan dua kontingen dari dua kategori yakni Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) dengan dosen pembimbing Izzatul Arifah, S.K.M., M.P.H., dan Program Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT) dengan dosen pembimbing Munajat Tri Nugroho, Ph.D.

“Kami sampaikan bahwa tahun ini, PIMNAS akan diadakan di Universitas Padjadjaran. Pada tahun ini, UMS dianugerahi mengirimkan dua kontingen, dan mohon doa restunya,” jelas

Kepala Biro Kemahasiswaan UMS, Ahmad Kholid Al Ghofari, S.T., M.T., memberikan tips kepada mahasiswa kontingen untuk tetap tenang dan mampu menarik perhatian juri. Dia juga menambahkan bahwa mahasiswa perlu menguasai emosi saat berhadapan di depan juri.

“Mahasiswa yang sudah lolos PIMNAS itu sudah hebat dan tidak ada yang jelek. Artinya apa, mahasiswa hanya perlu membuat juri tertarik kepada topik yang kita bawakan,” jelas Kholid.

Pada PIMNAS 2023, pertama kalinya bagi UMS mengirimkan kontingen di kategori PKM-PM, yang mana menurut Wakil Rektor 3 UMS, Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., UMS mampu masuk di berbagai skema PKM.

“Saya ingin menegaskan, bahwa kita mampu masuk di berbagai skema PKM. Kita hanya perlu memacu semangat termasuk juga menyiapkan dengan sungguh-sungguh agar kualitas PKM kita diakui di nasional maupun internasional,” harap Ihwan.

Selain dua kontingen di atas, UMS juga mengirimkan tiga tim PKM untuk mengikuti Lomba Pendukung PIMNAS. (Eva/Humas)