You are currently viewing Lewat Medical Check Up, UMS miliki Data Base Kesehatan Dosen dan Karyawan Untuk Ciptakan Kampus Sehat

Lewat Medical Check Up, UMS miliki Data Base Kesehatan Dosen dan Karyawan Untuk Ciptakan Kampus Sehat

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan Medical Check Up (MCU) bagi Dosen dan Tenaga Pendidikan di lingkungkuan UMS pada Selasa dan Kamis, 7 dan 9 Desember 2021 di Gedung Olah Raga Kampus 2.

Medical Check Up diikuti oleh 1.220 dosen dan tendik yang terdiri dari 12 fakultas dan 63 Program studi di UMS meliputi beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan darah lengkap, TG, kolesterol, asam urat, dan gula darah puasa 8 jam, terdapat juga Scaling di RSGM; dan pemeriksaan Thorax dan EKG di RS PKU Kartasura.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UMS Dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes., Sp.KK., Dipl.STD-HIV., FINSDV. berharap dengan adanya kesehatan ini, UMS akan memiliki data base terkait riwayat kesehatan dosen dan tendik; serta dapat memetakannya, sebagai pijakan membuat kebijakan dan salah satu bentuk langkah awal dalam mewujudkan kampus sehat yang diharapkan, akan berdampak pada peningkatan kualitas proses belajar mengajar.

“UMS akan memiliki data base kesehatan dosen dan tendik yang berguna untuk memetakan sebagai pijakan pembuatan kebijkan peningkatan kualitas proses belajar mengajar,” ujar Dr. Flora

Latar belakang kegiatan MCU di ums ini sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program Health Promoting University (HPU) dalam mewujudkan lingkungan kampus sehat dan dokumentasi kesehatan warga UMS, untuk melihat taraf kesehatan warga UMS, dan sebagai dasar pembuatan kebijakan selanjutnya.

Ketua Health Promoting University (HPU) Dr. Umi Budi Rahayu, S.Fis.,Ftr.,M.Kes menjelaskan HPU UMS merupakan sebuah pendekatan untuk menciptakan lingkungan belajar, budaya organisasi yang meningkatkan kesehatan, dan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi seluruh sivitas kampus, serta mendorong sivitas kampus untuk mengoptimalkan potensinya yang diinisiasi oleh Asean University Network (AUN) divisi promosi kesehatan.

Dalam kegiatan MCU kali ini Petugas medis berasal dari RSGM, RS PKU Kartasura, MMC UMS , volunteers profesi NERS UMS dan prodi gizi UMS.

Wakil Rektor IV UMS Bidang Sumberdaya Manusia, Al Islam Kemuhammadiyahan, dan Sistem Informasi Prof. Dr. dr. Em Sutrisna, M.Kes menyampaikan selain tendik dan dosen, mahasiswa UMS juga mempunyai jaminan kesehatan melalui fasilitas layanan primer yaitu Muhammadiyah Medical Center (MMC) dan BPJS yang disediakan oleh UMS.

“Selain Dosen dan Tendik UMS, Mahasiswa kami juga memiliki jaminan kesehatan mulai fasilitas MMC UMS hingga BPJS UMS,” jelas Prof Em Sutrisna. (Brondy/Humas)

Dec 07, 2021, 13:27 wib
Kategori: Berita | Tags: Terkini