You are currently viewing Kembangkan Program Mentoring Kepala Sekolah, Endang Rahayu Raih Gelar Doktor

Kembangkan Program Mentoring Kepala Sekolah, Endang Rahayu Raih Gelar Doktor

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Dalam hari yang sama Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meluluskan Endang Rahayu Mudi Hastuti sebagai Doktor ke-2 dari Program Doktor Pendidikan dengan judul ‘Pengembangan Program Mentoring Kepala Sekolah Berorientasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar’ yang sebelumnya adalah Sri Sutarni. Sidang terbuka yang dilaksanakan pada Selasa, (12/12) bertempat di Gedung Pascasarjana UMS.

Dalam Kesempatan itu, Endang menyampaikan penelitiannya, terkait pelaksanaan tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Boyolali yang diterapkan selama ini dan efektivitas pengembangan program mentoring kepala sekolah dengan berorientasi merdeka belajar di Sekolah Dasar Kabupaten Boyolali.

“Supervisi Akademik KS SD di Boyolali selama ini sudah dilaksanakan, tetapi belum ada tindak lanjut berupa program nyata sehingga belum bermakna bagi peningkatan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran” ungkapnya.

Alternatif solusi yang ditawarkan oleh peneliti sebagai pemecahan masalah di atas adalah pengembangan program mentoring BeKel MANTUL PDCA (Bedah Kelas Meaningful, Achievement, Needs Analysis, Timely, Urgent and Look to the Future dengan langkah Plan, Do, Check Act).

Program Mentoring BeKel MANTUL PDCA ini, lanjutnya, melalui proses pengembangan yang melibatkan sekolah dasar dari berbagai wilayah serta tahapan hingga dinyatakan layak, efektif, dan signifikan dalam meningkatkan pengelolaan pembelajaran berorientasi merdeka belajar di SD Kabupaten Boyolali.

Dengan diterapkannya Program Mentoring BeKel MANTUL PDCA pada sasaran dan lokasi yang lebih luas dapat menjadi solusi kemudahan guru dalam mengelola pembelajaran berorientasi merdeka belajar.

“Program Mentoring BeKel MANTUL PDCA ini merupakan bentuk pendampingan dan pembimbingan Kepala Sekolah kepada guru dalam mengelola pembelajaran berorientasi merdeka belajar, sehingga dapat diterapkan pada semua sekolah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar”. pungkas Endang.

Prof., Dr.Sutama, M.Pd., selaku promotor, sangat bangga dan bahagia mengikuti proses perjalanan akademik yang telah dijalani dalam menyelesaikan studi doktor pendidikan. Perjalanan ini bukanlah tanpa tantangan, melainkan ketekunan, dedikasi, dan semangat yang luar biasa untuk menghadapi dan mengatasi setiap rintangan.

“Disertasi ini mencerminkan upaya keras Dr., Endang , dalam menggali dan mendalami kontribusi ilmiahnya di bidang pendidikan. Penelitian ini tidak hanya menjadi bukti keunggulan akademis, tetapi juga menjadi sumbangan berharga bagi perkembangan ilmu pendidikan”, ujar Sutama. (Alwy/Humas)