You are currently viewing Manfaatkan Kesempatan Kuliah Gratis ke Luar Negeri, Ikutilah Program IISMA 2024

Manfaatkan Kesempatan Kuliah Gratis ke Luar Negeri, Ikutilah Program IISMA 2024

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO– Asosiasi Kantor Urusan Internasional (ASKUI) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) menggelar acara Sosialisasi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) PTMA 2024, Kamis (14/12).

IISMA adalah skema beasiswa pemerintah Indonesia untuk mendanai program mobilitas pelajar Indonesia ke universitas luar negeri. Program ini merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka.

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua Program IISMA Dr.Eng., Rachmat Sriwijaya, ST., MT., menyampaikan berbagai hal mengenai kegiatan IISMA.

“Kita dari IISMA sangat menyeleksi ketat. Jadi program IISMA hanya mencari kampus terbaik dunia atau kampus terbaik di negara masing-masing. Sehingga rekan-rekan mahasiswa dari PTMA ini ketika mengikuti program IISMA maka Anda berkesempatan untuk belajar di kampus terbaik dunia atau terbaika di beberapa negara,” jelas Rachmat Sriwijaya.

Mahasiswa yang mengikuti program IISMA, lanjutnya, akan mendapatkan beasiswa penuh mulai dari biaya pendidikan dan hidup, tetapi ada juga beasiswa yang bersifat co-funding antara pemerintah dengan mahasiswa.

Dia menyampaikan untuk UMS, pembukaan IISMA telah dilakukan. Sudah ada sekitar 25 mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan pendampingan dari BKUI. Sedangkan pendaftaran IISMA dari Kampus Merdeka sendiri akan dibuka pada bulan Maret. Salah satu syarat untuk mendaftar program IISMA 2024 adalah sertifikat kemampuan Bahasa Inggris IELTS – 6.0, TOEFL iBT – 78, Duolingo English Test – 100.

Kabid Pengembangan Kerjasama Akademik Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS, Denny Vitasari, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D., menyampaikan bagaimana antusiasme mahasiswa UMS untuk mengikuti program mobilitas ke luar negeri itu.

“Biasanya kita ada sekitar di awal 25 sampai 50 orang. Nanti ada seleksi untuk buat aplikasi, sertifikat bahasa Inggris, mengisi data-data diri, motivation letter, dsb,” ujar Denny.

Hingga saat ini,tambahnya, pendaftaran internal IISMA di UMS telah mencapai 25 orang, meskipun belum diadakan sosialisasi. Dalam waktu dekat ini, BKUI UMS akan mengadakan sosialisasi dan pendampingan bersama BKUI dan Alumni Penerima Beasiswa IISMA di UMS.

“Harapannya kalau bisa daftar, karena ini kesempatan yang sangat berharga. Kalau kita membayar sendiri biaya kuliah di kampus-kampus terbaik di dunia itu, mungkin bisa ratusan juta, dan ini cuma-cuma,” ujarnya

Dia juga berpesan, untuk mahasiswa yang belum masuk semesternya untuk dapat mempersiapkan diri dari sekarang untuk belajar bahasa Inggris, sehingga ketika sudah saatnya akan dapat mendaftar IISMA. (Maysali/Humas)