Manajemen UMS Gelar Expo Kewirausahaan, Wakil Rektor 3 UMS : Peluang Untuk Mendapat Hibah Wirausaha 40 Juta!

ums.ac.id, SOLO – Laboratorium Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Expo Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Pasar Inovasi dan Rancangan Mahasiswa Manajemen (Panoramma) 2024 bertajuk “Innovate to Elevate” yang digelar di depan GOR Kampus 2 UMS selama 4 hari, Rabu-Sabtu, 12-15 Juni 2024.

Ketua Panitia Panoramma 2024, Utami Sophiandanie, S.M., memaparkan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 500 Mahasiswa semester 4 kelas Internasional dan Reguler yang dibagi menjadi 2 kloter.

Expo Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Pasar Inovasi dan Rancangan Mahasiswa Manajemen (Panoramma) 2024. Dok Humas UMS

Kegiatan tersebut ditandai sebagai titik akhir perkuliahan dalam mata kuliah Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Laboratorium Program Studi Manajemen FEB UMS, Nur Achmad, S.E, M.Si, MCE.

“Kegiatan ini sebagai titik akhir dari mata kuliah yang mana mahasiswa mulai merancang suatu produk, baik jasa atau barang yang nantinya akan dimunculkan dalam pasar inovasi ini,” kata Nur Achmad, Kamis, (13/6).

BACA JUGA: Mendunia! Ini Alasan UMS Jadi Kampus Tujuan Lebih Dari 8.000 Mahasiswa Asing

Harapannya, lanjut Nur Achmad, mahasiswa dapat belajar untuk merubah sikap dan sifat sehingga ada keberanian yang muncul, ide, dan kekompakan. Penilaiannya meliputi banyak hal, dimulai dari portofolio, ujian 1 dan 2, penugasan di kelas, termasuk penilaian khusus di dalam expo Panoramma ini.

Dekan FEB UMS, Prof. Dr. Anton Agus Setyawan, S.E., M.Si.

Dekan FEB UMS, Prof. Dr. Anton Agus Setyawan, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa agenda tahunan ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk belajar menjadi pengusaha.

“Di sini mahasiswa sudah merencakan produk, membuat produk, mengkomunikasikan produk kepada pelanggan, menghitung biaya investasi dan resiko. Itu merupakan skil dasar yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha,” lanjut Dekan FEB UMS.

Anton berharap semoga pengalaman yang mahasiswa dapatkan di mata kuliah itu dapat menjadi bekal dan pengalaman baru sebagai pemicu ide untuk menjadi pengusaha.

Wakil Rektor 3 UMS, Prof. Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D

Wakil Rektor 3 UMS, Prof. Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., mengucapkan selamat karena mahasiswa sudah berani mencoba tes produk yang sudah direncanakan.

“Ini adalah momentum besar, karena mahasiswa sudah berani menunjukan siapa mereka, yaitu calon pengusaha sukses, walaupun hanya 1-2 hari namun dapat menjadi bekal di masa yang akan datang bagi mahasiswa yang berkeinginan menjadi pengusaha,” ujar Ihwan, yang juga sebagai Guru Besar Manajemen UMS.

BACA JUGA: Praktik Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif, Prodi Akuntansi UMS Gelar AccounThic Fest 2024

Ini juga merupakan potensi luar biasa, lanjutnya, karena ada peluang untuk mendapat Hibah Wirausaha sampai dengan 40 juta rupiah. Dia menyampaikan, bahwa salah satu kakak tingkat mahasiswa Manajemen UMS yang mendapat Hibah Wirausaha sebesar 100 juta rupiah dari sebuah bank syariah.

“Jangan hanya berhenti di sini, jadikan sebagai kegemaran anda untuk menjadi salah satu jalan kesuksesan di karir anda,” pungkasnya. (Yusuf/Humas)