Pertemuan Terakhir Pelatihan, Kolaborasi PCM Juwiring dan Humas UMS Bentuk Kader Persyarikatan Pintar Kelola Media Sosial

ums.ac.id, KLATEN – Dalam rangka meningkatkan pengelolaan media sosial, Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Juwiring, Klaten menggelar pelatihan dengan tema “Pintar dalam Pengelolaan Media Sosial”, yang berlokasi di Gedung Dakwah Muhammadiyah Juwiring.

Kepala Humas dan Humed UMS, Dr. Budi Santoso, M.Si., membahas materi dengan judul ‘Menulis Berita dengan Pendekatan 5W + 1 H’ pada pertemuan terakhir pelatihan.

“Dalam berita harus ada unsur 5w 1H, unsur yang harus ada dalam berita. Bentuknya dikirim ke media mainstream online maupun konten medsos,” ungkap Budi Santoso Sabtu, (20/7).

Pentingnya unsur tersebut, lanjutnya, dilakukan untuk memastikan informasi lengkap dan jelas. Selain itu unsur tadi dapat membantu pembaca memahami persitiwa secara menyeluruh dan struktur yang logis dan mudah diikuti.

Menurutnya, 5W+1H sebagai kerangka dasar untuk membantu penulis memastikan semua aspek penting dari peristiwa tercakup dan meningkatkan kejelasan dan komprehensivitas berita.

“Ketika informasi tersebut lengkap dan mudah dipahami, maka akan membuat berita lebih informatih dan mempermudah pembaca dalam memahami konteks ataupun detail peristiwa,” paparnya.

Hal yang menjadi penting adalah latihan menulis yaitu praktik rutin dalam menulis berita menggunakakn 5W+1H dapat meningkatkan keterampilan jurnalistik.

“Selain itu latihan menulis berita juga mengembangkan kemampuan untuk menulis dengan lebih terstruktur dan menarik,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Humas UMS Asef Dwi Nugroho, S.I.Kom.,mengungkapkan terdapat beberapa website yang menyediakan konten gratis bagi para penulis yang ingin mempublikasikan informasi.

“Bapak-ibu dapat memanfaatkan kumparan.com, medium.com, dan kompasiana.com. Ketiga aplikasi ini, punya nilai di mesin pencarian google. Punya basik visitor (pengunjung) metode google berdasarkan pengunjung terbanyak,” paparnya.

Menurutnya, peserta dapat memaksimalkan media hanya dengan bermodal akun google, untuk mendaftar ke berbagai media tersebut.

Pemaparan materi tersebut menjadi akhir dari pelatihan di yang dilakukan di Gedung Dakwah Muhammadiyah. Acara kemudian dilanjutkan dengan penutupan pelatihan oleh Ketua PCM Juwiring, Rodli, S.Pd.,

Ketua PCM Juwiring mengungkapkan terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah kompetensi peserta untuk meningkatkan publikasi kegiatan ke khalayak yang lebih luas.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Humas UMS yang telah sabar membimbing dan mudah-mudahan akan bermanfaat bagi pribadi maupun organisasi. Kami juga berharap dari tim Humas UMS tetap memantau dan memberikan pendampingan setelah kegiatan ini selesai, sehingga media di PCM Juwiring dapat berkembang lagi,” pungkasnya.

Pada akhir sesi, diumumkan 3 peserta terbaik yang akan diberikan kesempatan mengikuti pendampingan dan belajar langsung ke UMS. Kemudian dilanjutkan penyerahan cinderamata dari PCM Juwiring ke UMS maupun sebeliknya. (Fika/Humas)