Tim KKN MAs Desa Petung Sigap Menurunkan Stunting!

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA, 31 Juli 2024 – Tim KKNMas Kelompok 92, telah dibentuk dan terbit SK, tim yang terdiri dari 9 Mahasiswa dan dari beberapa perwakilan PTMA yang disatukan dalam kelompok 92 ini siap di terjunkan ke lokasi KKN. Tim KKN Mas Kelompok 92 mendapatkan lokasi KKN di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Karanganyar, Kecamatan Jatiyoso, Desa Petung.

KKN Mas adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaborasi dari seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia. Mengutip dari news.ums.ac.id, yang menjadi panitia pusat atau tuan rumah dari KKN Mas tahun 2024 adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta, hal ini disampaikan oleh Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D., saat sambutan kegiatan Seminar Nasional The 19th URECOL.

“KKN Mas Tahun 2024 akan disebar ke wilayah Sukoharjo dan Karanganyar. Panitia lokal dari UM Surakarta telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, mereka sangat terbuka jika daerahnya digunakan sebagai lokasi KKN”, tutur Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D.

Mahasiswa yang terdaftar dalam KKN Mas Tahun 2024 akan mengikuti dua jenis pembekalan, yaitu secara online dan offline. Pada hari ini, mahasiswa KKN Mas menjalani pembekalan offline. Dengan semangat yang tinggi, pembekalan offline hari ini dihadiri oleh 6 anggota tim KKN Mas Desa Petung. Setiap anggota kelompok telah menyiapkan gagasan mereka yang akan didiskusikan dan diputuskan melalui musyawarah untuk menjadi suatu program.

KKN Mas Tahun 2024 mengusung tema ‘UMKM Unggul, Stunting Menurun’, dengan pembekalan dan latar pendidikan yang cukup, Tim KKN Mas Desa Petung, optimis dan siap untuk terjun di lokasi, dengan harapan besar dapat memberikan kontribusi positif bagi warga di lokasi KKN.

Struktur Tim KKN Mas Desa Petung juga telah dibentuk, dengan hasil yaitu: Dimaz Saputra (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung) sebagai Ketua, Bimo Satrio (Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan) sebagai Sekretaris, Rizqina Maulida (Universitas Muhammadiyah Gombong) sebagai Bendahara, Khoizuronah (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung) sebagai Acara 1, Kidung Aprilia (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung) sebagai Acara 1, Puput Ayu Y. Ngkuno (Universitas Muhammadiyah Palu) sebagai Pubdekdok, Aderisna Rohali (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) sebagai Perlengkapan, Novinka Rizki Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta) Sebagai Humas 1 dan Muthiatunni’mah F Masda (Universitas Ahmad Dahlan) sebagai Humas 2.

Bimo Satrio dari Prodi Pendidikan Jasmani (Sekretaris Tim KKN Mas Desa Petung), menyampaikan sedikit gagasannya “Saya sangat bersemangat untuk terjun langsung ke masyarakat dan menerapkan ilmu yang saya pelajari. Pembekalan ini sangat bermanfaat karena memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang saya butuhkan selama KKN nanti,” katanya. (Tim KKN MAs Desa Petung/Puput Ayu)