Kasus Keracunan Susu Kedelai, Tim PKM-PM UMS Berikan Edukasi Jajanan Sehat di SD Muhammadiyah PK Andong

ums.ac.id, SOLO – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah melaksanakan kegiatan sosialisasi Healthy Food Treasure Hunt di SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Andong, Boyolali.

Tim yang beranggotakan 4 mahasiswa UMS itu meliputi mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Yeni Fathonah dan Mella Agustina serta mahasiswa Prodi Ilmu Gizi : Adelia Triana Putri dan Tiva Eka Prawesthi, dengan dosen pembimbing Ika Candra Sayekti, S.Pd., M.Pd.

Melalui program Healthy Food Treasure Hunt, tim tersebut mengedukasi siswa sekolah dasar untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya memilih makanan sehat di kalangan siswa sekolah dasar. Yeni mengungkapkan bahwa sosialisasi itu membantu meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan yang terdapat dalam program Healthy Food Treasure Hunt, sehingga siswa lebih mudah memahami pentingnya memilih makanan sehat bagi tubuh.

“Ketika sosialisasi tersebut dilaksanakan, tim telah memberi tahu mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam program Healthy Food Treasure Hunt mulai dari sosialisasi hingga praktik,” ujarnya, Kamis, (1/8).

Program yang berlangsung pada Rabu, (8/5) itu, dilatarbelakangi oleh kasus keracunan susu kedelai yang menimpa siswa SD Muhammadiyah PK Andong, yang menunjukkan kurangnya pengetahuan dan ketelitian siswa dalam memilih makanan yang aman dan sehat.

“Kasus keracunan ini menjadi alarm penting bagi kita semua bahwa keracunan tidak hanya membahayakan kesehatan siswa, tetapi juga mempengaruhi kebutuhan mendesak untuk edukasi mengenai keamanan pangan,” terang Tiva Eka Prawesthi.

Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, tim PKM-PM UMS melaksanakan program Healthy Food Treasure Hunt. Pelaksanaan program itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya memilih makanan sehat dan bergizi melalui berbagai kegiatan interaktif dan informatif, sehingga siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi makanan, minuman, dan jajanan sehat. (Yusuf/Humas)