Usai Pembekalan KKN-Mas di Edutorium KH. Ahmad Dahlan, Tim KKN-MAs Desa Kragilan Siap Diterjunkan!

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA, 31 Juli 2024 — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN-MAs) kelompok 51 Desa Kragilan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Untuk mendukung kegiatan KKN-MAs, kelompok 51 telah mengikuti kegiatan pembekalan dengan semangat yang luar biasa di Edutorium K.H Ahmad Dahlan UMS.

KKN MAs merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) seluruh Indonesia secara bersama-sama. Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi tuan rumah kegiatan KKN MAs seperti yang disampaikan oleh Prof. Ir. Sarjito, M., T., Ph.D dalam seminar nasional The 19th URECOL. Pada tahun 2024 ini KKN MAs dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar dengan tema “*UMKM Unggul, Stunting Menurun*”.

Kelompok 51 KKN MAs ini mendapatkan tempat pengabdian di desa Kragilan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. yang beranggotakan dari berbagai mahasiswa lintas bidang ilmu, mereka adalah Duta Muhammad Samudera Prodi Geografi sebagai Ketua, Arfi Eka Ananda Prodi Akuntansi sebagai Wakil Ketua, Erene Nazharita Prodi Pendidikan Matematika sebagai Sekretaris 1, Dwi Yulianti Prodi Fisioterapi sebagai Sekretaris 2, Elsa Mutia Prodi Akuntansi sebagai Bendahara, Ariska Yulaikah Prodi Farmasi sebagai Humas 1, Lailatun Ni’mah Prodi Farmasi sebagai Humas 2, Nur Iftita Rini Prodi Kesehatan Masyarakat sebagai PDD 1, dan Andi Mufti Mubarak Asmar Prodi Pendidikan Matematika sebagai PDD 2. Dengan beragam keahlian yang dimiliki mahasiswa dari berbagai PTMA ini, mudahan mudahan dapat memberikan _impact_ yang baik bagi masyarakat setempat khususnya dalam penangan stunting dan peningkatan UMKM desa Kragilan, umumnya Kabupaten Sukoharjo yang kemudian bisa dikembangkan dan diimplementasikan dikehidupan sehari hari.

Setelah mengikuti pembekalan TIM KKN MAs kelompok 51 dinyatakan siap untuk diterjunkan ke tempat pengabdian dan menjalankan program kerja yang telah dibentuk dan Mampu memberikan konstribusi nyata dan positif bagi masyarakat di desa Kragilan.
(TIM 51 KKN MAs Desa Kragilan)