Tim PPK BEM Farmasi UMS Lakukan Sosialisasi E-Commerce di Desa Sidorejo, Klaten

ums.ac.id, SOLO – Tim PPK Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil mengadakan sosialisasi E-Commerce bagi warga desa Sidorejo, Klaten.

Kegiatan sosialisasi E-Commerce ini ditujukan kepada pelaku UMKM, Kelompok Tani Hutan (KTH), Pemberdayaan Kesehatan Keluarga, dan Muda Mudi desa Sidorejo. Sosialisasi ini dilakukan untuk menambah wawasan warga setempat untuk mengetahui pentingnya branding dalam suatu produk.

“Sosialisasi E-Commerce mencakup materi tentang kelebihan dan kekurangan e-commerce, peluang bisnis, contoh e-commerce, beserta pembuatan akun Shopee,” papar Ketua Tim Pelaksana Triana Ariska Dewi, Kamis (8/8).

Tim PPK Ormawa BEM Farmasi UMS berharap agar produk Oemah Jamu dari Bilik TOGA bisa menjangkau khalayak yang lebih luas lagi.

Triana juga menyampaikan, pada kesempatan tersebut (5/8) mereka didampingi juga oleh Biro Kemahasiswaan. Dalam kegiatan ini pula mereka tidak hanya melakukan sosialisasi tetapi juga mengadakan Focus Group Discussion (FGD) secara tidak langsung oleh masyarakat dan Sekretaris Desa yang membahas terkait akun e-commerce seperti contoh Shopee maupun TikTok dan kanal lainnya untuk di pegang muda-mudi yang dirasa lebih paham terkait media sosial.

“Kami juga membagikan 3 modul yang berisi modul pembuatan Ramuan Cinta, Teh Adem Ayem, dan Puding yang nantinya menjadi salah satu acuan warga untuk pembuatan produk dari Oemah Jamu,” tambah Ketua Tim Pelaksana.

Antusias warga juga tinggi terkait dengan kelangsungan program dari BEM Farmasi UMS. Warga menginginkan program ini bisa berjalan dengan lancar agar bisa memacu UMKM setempat yang lain untuk bisa maju lagi dan bukan hanya sekedar membuat produk tetapi belum bisa memasarkannya.

“Harapan penuh oleh warga yang membuat TIM PPK Ormawa ini lebih semangat untuk meningkatkan bagaimana program yang kami bawakan pada tahun ini bisa berjalan sesuai harapan warga dan TIM PPK Ormawa BEM Farmasi,” pungkas Triana. (Maysali/Humas)