FKIP UMS Akan Gelar POMB 2024, Kenalkan Bagaimana Mahasiswa Hidup Bermoral Sebagai Pendidik

ums.ac.id, SURAKARTA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menggelar Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POMB) 2024 yang digelar di 2 lokasi, yaitu Kampus 1 UMS dan Gedung Induk Siti Walidah UMS.

POMB merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP UMS yang bertujuan untuk mengenalkan Mahasiswa Baru (Maba) kepada fakultas mereka sendiri, untuk membangun rasa cintanya ke universitas dan fakultas.

POMB ini juga menjadi wadah untuk beraktivitas dan berinovasi bagi Maba dan mahasiswa FKIP untuk meningkatkan karakter CAKAP (Cerdas, Amanah, Kompeten, Andal, dan Pembaharu), serta mengenalkan lingkungan perkuliahan.

“Mengenalkan bagaimana mahasiswa itu hidup, bagaimana kita hidup di FKIP, bermoral sebagai pendidik karena ini adalah sebuah fakultas pendidikan, dan bagaimana kita mengenal prodi kita dan juga fakultas kita,” jelas Ketua Pelaksana POMB FKIP 2024, Muhammad Fatkhurrahman Hartadi, saat ditemui pada Jum’at, (9/8).

POMB FKIP 2024, lanjutnya, dimulai dengan pendaftaran sejak tanggal 1-14 Agutus 2024 yang di lakukan secara online. Kemudian pada tanggal 25 Agustus dilanjutkan dengan validasi Maba untuk menyerahkan penugasan seperti membuat twibon yang diunggah di media sosial.

Fatkhurrahman juga menambahkan, Maba diminta untuk membayar dengan nominal yang sudah di tentukan untuk biaya pembuatan paper mob yang akan digunakan untuk akhir kegiatan. Kemudian pada tanggal 25 Agustus akan diadakan Technical Meeting sebagai bentuk first gathering (pertemuan pertama) pendaftar POMB dan juga panitia guna memaparkan secara detail mengenai tata tertib, drescode, dan kegiatan hari-hari penting POMB.

“Selanjutnya pada tanggal 28 Agustus akan diselenggarakan pembukaan POMB FKIP di Gedung Siti Walidah,” tambah Ketua Pelaksana.

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) FKIP juga akan mengadakan stand cafe sebagai wadah bagi mereka untuk mengenalkan Himpunan kepada Maba.

Panitia POMB 2024 mengajak prodi yang memiliki minat dan bakat seperti tari. Agenda ini menurut Fatkhurrahman menjadi salah satu pembeda POMB dari tahun sebelumnya.

Ketua Pelaksana berharap dalam menjelang pelaksanaan POMB 2024 mendapatkan respon baik dan rasa bahagia dari mahasiswa baru, karena menurutnya semangat mahasiswa baru menjadi semangat bagi panitia.

“Karena panitia juga sudah mengusahakan yang tebaik untuk POMB, kami juga berharap apa yang kami usahakan itu menjadi berhasil dan mendapat feedback dari semuanya,” pungkas Ketua Pelaksana.

Jumlah peserta POMB sendiri mengikuti jumlah MABA FKIP dan sampai saat ini yang sudah melakukan daftar ulang sebanyak 800 peserta dan target peserta POMB di angka 800-900 peserta. Informasi mengenai POMB 2024 dapat diakses melalui laman linktr.ee/pomb2024. (Habibah/Yusuf/Humas)