Tim 10 KKN Mas Berpartisipasi dalam Kegiatan Posyandu ILP di Desa Sraten dalam Rangka Menekan Angka Stunting

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SUKOHARJO – Pada Kamis (15/8) Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) Desa Sraten kembali menggelar kegiatan rutin. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan lansia, ibu, dan anak, serta memberikan edukasi mengenai pentingnya pola hidup sehat.

kegiatan ini dibagi menjadi beberapa pokok mulai dari kesehatan lansia hingga balita. Para lansia yang hadir dalam posyandu tersebut diberika fasilitas cek tensi dan cek darah guna mendiagnosis serta sebagai langkah awal untuk mencegah masalah kesehatan pada lansia. hal tersebut sangat penting dilakukan agar para lansia di Desa Sraten memiliki kualitas hidup yang baik.

yang menjadi fokus selanjutnya yaitu program pencegahan stunting. pada kegiatan ini posyandu melakukan pengecekan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, serta pemberian vitamin dan obat cacing. Tujuan dari pengecekan tersebut adalah untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Pengukuran ini membantu mendeteksi secara dini masalah gizi atau pertumbuhan yang dialami balita sehingga intervensi dapat dilakukan segera untuk memastikan balita tumbuh dengan sehat dan optimal.

“Angka stunting di Desa Sraten ini fluktuatif bulan lalu hanya sekitar 8 anak dan bulan ini naik menjadi 9 anak yang mengalami stunting” ungkap Ibu Nur Dwi selaku bidan Desa Sraten.

Posyandu ILP Desa Sraten selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang optimal serta edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya ibu dan anak sebagai upaya untuk menciptakan generasi sehat dan cerdas.