Seru! Tim KKN MAs 113 Adakan kegiatan CTPS dan PHBS di SDN 02 Ploso

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR, 23 AGUSTUS 2024 – Dalam rangka menyuarakan pola hidup sehat, tim 113 KKN MAs mengadakan kegiatan yang mendukung program penurunan dan pencegahan stunting. Kegiatan tersebut dikenal dengan sebutan CTPS dan PHBS.

Sekedar informasi, CTPS adalah singkatan dari “Cuci Tangan Pakai Sabun”. Sedangkan PHBS adalah singkatan dari “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”. Kedua kegiatan ini sama-sama memiliki tujuan yaitu membiasakan hidup yang sehat serta menghindarkan dari penyakit. Hidup yang tidak sehat dapat berdampak pada perkembangan yang buruk, jika dibiarkan maka perkembangan anak menjadi tidak baik, bahkan hingga mereka memiliki keturunan pun dampak buruk tersebut akan turun ke generasi mereka, seperti stunting misalnya.

Kegiatan ini berlangsung begitu asik. Anak-anak berkumpul bersama dengan rekan-rekan tim KKN MAs 113 dalam satu ruangan kelas. Kegiatan diawali dengan salam pembuka dan perkenalan para tim. Setelah itu, salah satu rekan KKN MAs memberikan pemaparan materi serta melakukan praktek bersama bagaimana melakukan cara yang benar dalam mencuci tangan. Anak-anak pun ikut terlibat aktif dan riang selama kegiatan berlangsung.

Harapan dari diadakannya kegiatan ini adalah anak-anak sadar akan pentingnya pola hidup yang sehat. Selain itu, diharapkan kegiatan ini tidak hanya dipraktikkan oleh anak-anak semata, tetapi mereka juga membawa ilmu yang telah mereka bawa ke orang-orang sekitarnya sehingga menjadi lebih inspiratif untuk menjalani hidup yang bersih dan sehat. Jika anak-anak sehat, maka generasi berikutnya juga akan menjadi bahkan lebih sehat.