Seru! KKN MAs Tim 2 Desa Kagokan Jalankan Program Dakwah Al Islam dan Kemuhammadiyahan Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Kagokan, Sabtu 24/08/2024 Tim KKN MAs Kelompok 2 melakukan kegiatan mengaji rutin di TPA bertempat di Masjid Danuril Huda kegiatan ini di lakukan pada sore hari pukul 16.00-17.20 WIB, rutinitas mengaji TPA ini dilakukan setiap hari senin, kamis, dan sabtu.

Kemudian anak-anak yang mengikuti TPA ini sekitar 16 anak. Kegiatan di awali dengan membaca surah-surah pendek dan berdoa sebelum belajar dilanjutkan dengan membaca Alquran ada juga yang membaca Iqro dalam kegiatan membaca ini kami mengajarkan anak-anak tanda bacaan dalam alquran dan iqro dikarenakan anak-anak belum bisa menentukan panjang pendek terhadap bacaannya.

Kegiatan yang ke 2 yaitu mewarnai kaligrafi anak-anak di minta untuk membawa pensil warna. Setelah selesai di beri penilaian oleh Tim 2 KKN MAs.

Tujuan utama dibentuknya Taman Pendidikan Alquran (TPA) adalah untuk mengajarkan ilmu Alquran pada anak-anak sejak usia dini selain itu juga agar santri dapat membaca Alquran dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Anak-anak dikenalkan huruf hijaiyah dan diajarkan metode membaca seperti iqra, Alquran, juga mampu menanamkan ilmu agama Islam dan nilai-nilai Islam pada anak-anak agar tumbuh menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa. Selain membaca Alquran, anak-anak juga diajarkan doa, hafalan surat pendek, dan ibadah, dan menciptakan generasi muda yang beriman dan berakhlak mulia secara umum, tujuan TPA adalah menciptakan generasi muda yang beriman, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri. Pengajian di TPA diharapkan dapat membentuk karakter anak-anak yang sesuai dengan ajaran islam.

Dengan demikian, pengajian di TPA bertujuan menanamkan pendidikan agama Islam, membentuk karakter Islami, dan melatih kedisiplinan anak-anak sejak usia dini agar tumbuh menjadi generasi yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.

(Tim KKN MAs Kelompok 2, Desa Kagokan, kab. Sukoharjo).