Sukses! Tim KKN MAs 39 Beri Edukasi dan Tanam Bibit Tamanan Toga di SDN 01 Sidorejo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo, 24/08/2024. KKN MAs tim 39 kembali lakukan kunjungan ke sekolah yang ada di Sidorejo. Kali ini tim KKN melakukan kunjungan di SD N Sidorejo 1. Sosialisasi yang akan disampaikan adalah materi tentang Tamanan toga tema ini adalah untuk memberikan edukasi tentang penting dan paham nya bercocok tanam, berkaitan dengan cara bernanam yang baik dan benar, cara menjaga Tamanan.

Tanaman toga adalah singkatan dari “Tanaman Obat Keluarga” Dengan pengertian yaitu tanaman-tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan obat-obatan tradisional di lingkungan keluarga. Tanaman-tanaman toga ini mudah ditanam dan dirawat di halaman rumah atau kebun kecil. Contoh tanaman toga termasuk kunyit, jahe, kencur, temu kunci dan temulawak. Tanaman toga tersebut sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kegiatan dilakukan dengan meminta izin kepada kepaala sekolah terlebih dahulu. Guru dan pengurus sekolah pun merasa senang atas kedatangan tim KKN. Mereka pun memberikan waktu dan tempat kepada kami. Hal itu merupakan penyambutan yang sangat istimewa bagi tim KKN.

Setelah semua murid dikumpulkan ( kelas 5-6) kemudian dilaukan pembukaan terlebih dahulu. Tim KKN Mas memandu dengan menyapa murid – murid. Kemudian barulah penyampaian materi oleh penanggung jawab.

Setelah penjelasan selesai, murid – murid diberikan pengarahan ke lahan yang sudah disiapkan, murid-murid kelas 5-6 kemudian di berikan oleh kakak KKN sebuah bibit Tamanan toga untuk ditanam di lahan yang sudah disiapkan kemudian murid-murid kelas 5-6 menyiram bibit tersebut dengan pupuk.

Tim KKN MAs Desa Sidorejo 39