UMKM Unggul! Tim 22 KKN MAs Gelar Sosialisasi UMKM Adalah Kunci Pengembangan Potensi Desa

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo, 05 September 2023 – Mahasiswa Kuliah Kerja Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMAs) Tim 22 mengadakan sosialisasi UMKM tentang Pengembangan Potensi Desa di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Di era globalisasi sekarang ini transformasi digital semakin maju dan berkembang. Bahkan transformasi _digital_ sekarang tidak lepas dengan aspek kehidupan. Di era perkembangan ini, banyak sekali orang memanfaatkan digital marketing untuk kebutuhan bisnis mereka. Akan tetapi tidak sedikit pula orang yang masih menggunakan teknik tradisional untuk bisnis mereka dan tentunya hal ini akan sangat tertinggal dengan zaman yang semakin berkembang.

Arief Ryan Maulana, sebagai pemateri pada sosialisasi tersebut menjelaskan bagaimana cara mengembangkan UMKM di Desa Mancasan agar semakin unggul dengan memanfaatkan alat elektronik dengan berbagai cara, seperti pembuaran _Q-ris_ , cara membuka _online store_ , cara mempromosikan produk lewat media sosial, pembuatan _E-commmerce_ dan cara pembuatan Nomor Induk Berusaha.

Karna sebelumnya UMKM di Desa Mancasan ini sudah unggul dengan produksi pembuatan gitar akan tetapi kurangnya pemanfaatan mereka dalam transformasi _digital_ . “Terima kasih telah mengadakan sosialisasi ini, karna dengan ini kami menjadi tau cara untuk mengembangkan UMKM Desa Mancasan agar lebih besar lagi” Ucap dalah satu warga yang berpartisipasi dalam sosialisasi ini.

Selain itu, Tim 22 juga memaparkan bagaimana cara melakukan inovasi dalam suatu produk atau memanfaatkan hasil desa yang akan di ubah menjadi produk baru dan yang nantinya akan menjadi penghasilan baru di Desa Mancasan ini.

Melalui sosialisasi UMKM ini, Tim 22 KKNMAs memberikan kontribusi nyata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan desa, khususnya Desa Mancasan. Sosialisasi ini menunjukan bagaimana teknologi dan inovasi sangat berperan penting dalam meningkatkan UMKM dan memberikan dampak positif dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

#Tim KKNMAs 22 Desa Mancasan