Sah! Pengurus Pusat KKN MAs Periode 2024–2026

SURAKARTA — Dalam momentum penutupan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKNMAs) 2024 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Tim Konsorsium Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang diwakili oleh Prof. Ir. Sardjito, MT., Ph.D., melantik pengurus pusat KKNMAs Periode 2024–2025.

Sardjito menyampaikan hari ini dilakukan penutupan di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS juga sekaligus dipakai untuk melantik pengurus baru.

“Ini merupakan kegiatan reorganisasi dan ini penting, untuk meneruskan estafet kepengurusan. Selain itu, pelantikan ini juga menjadi kesuksesan organisasi apabila sudah bisa melaksanakan pergantian pengurus,” ungkapnya saat diwawancarai Rabu, (11/9).

Sebetulnya ini sudah dimulai sejak ToT di Padang, lanjutnya, jadi ada musyawarah. Kemudian pada hari ini dilakukan pergantian pengurus agar bisa terus berlanjut.

“Semoga setiap tahun dapat dilakukan dan partisipasinya semakin banyak lagi,” tambahnya.

Menurutnya, dibutuhkan komunikasi yang baik dan kreativitas dari pengurus untuk bisa menarik lebih banyak peserta dari PTMA.

“Jadi harapan kami pengurus baru ini bisa muncul kreativitas, sehingga hasil dari KKNMAs itu memberikan produk luaran-luaran utamanya adalah ya karena kita kegiatan akademik, berupa naskah akademik yang bisa ditemukan di masyarakat dan bisa di publish di artikel ilmiah begitu,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Pusat KKNMAs Periode 2020–2024, Prof. Suwarno, M.Si., berharap mudah-mudahan pengurus yang baru ini karena masa baktinya hanya dua tahun dapat lebih efektif dan yang dilantik ini dapat mengemban amanah dengan baik.

“Sebelumnya masa bakti pengurus 4 tahun, kemudian kebijakan yang baru ini satu periode kepengurusan kita sepakati hanya 2 tahun saja,” ujarnya.

Suwarno berharap, kemanfataan dari KKNMAs ini akan lebih besar dirasakan oleh Perguruan Tinggi masing-masing karena ini sifatnya nasional dan kolaboratif.

“Sehingga memberikan nilai lebih dibanding KKN yang hanya diikuti satu perguruan tinggi saja,” tambahnya.

Ketua Pengurus Pusat terpilih, Ahmad Darmawan, Ph.D., menyampaikan bahwa pengurus baru Insya Allah berkomitmen untuk bisa menjalankan amanah ini sebagai panitia pusat dengan baik.

“Kami akan melanjutkan program KKNMAs yang menjadi program unggulan, dimana program ini menjadi program yang luar biasa untuk mahasiswa yang dapat memperoleh pelajaran di tengah masyarakat,” pungkasnya. (Fika/Humas)