Outbond WMK di UMS Tahun 2024, Bentuk Jiwa Kepemimpinan dan Kerjasama Tim

ums.ac.id, SURAKARTA – Tak hanya memperoleh materi seputar kewirausahaan, peserta Wirausaha Merdeka (WMK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Tahun 2024 diajak outbound untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan kerjasama tim di lapangan Kampus IV UMS.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana WMK UMS, Dr. Ir. Suranto, ST., MM., M.Si., yang menegaskan bahwa outbound ini dapat melatih kerjasama tim supaya tangguh dan mengerti peluang.

“Kemudian mereka juga dilatih untuk memiliki mental soft skill maupun hard skill. Seorang calon pengusaha itu harus memiliki mental terhadap rintangan dan tantangan,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana WMK UMS itu Senin, (30/9).

Jadi, lanjutnya, ini bagian dari kegiatan workshop Wirausaha Merdeka untuk menghadapi magang maupun yang terakhir ada post immersion.

“Untuk kegiatan outbond di tahun 2024 ini baru pertama pada tahun ketiga pelaksanaan WMK di UMS. Dari evaluasi tahun sebelumnya, kegiatannya tidak kita fokuskan atau tidak di acarakan seperti ini sesuai masing-masing pendamping. Tapi kalau tahun ini kita laksanakan secara serentak,” paparnya.

Terdapat sekitar 520 peserta ikut dalam kegiatan ini, dan harapannya setelah ini mereka punya skill set dan menjadi calon pengusaha yang punya banyak filosofis.

“Seperti pengusaha harus happy, paham peluang, memiliki jiwa korsa atau kerjasama tim yang baik dan networking yang baik juga,” tambahnya.

Suranto juga menyampaikan kegiatan ini mendapatkan antusias luar biasa dari peserta. Dia juga mengatakan, peserta merasa senang, bahkan menanyakan apakah di tahun depan nanti ada lagi sehingga informasi tersebut akan diteruskan ke adik tingkat mereka pada masing-masing kampus.

Dalam kesempatan itu, Nabila Anisa dari Universitas Veteran mengungkapkan bahwa kegiatan WMK di UMS sangat seru dan mendapatkan banyak informasi serta pengalaman yang menarik.

Tak hanya itu, menurut Bintang Prasetyo dari Amikom Surakarta juga menambahkan, kegiatan dari awal ada outbond, menyanyi, dan senam juga. (Fika/Humas)