Ramah Disabilitas, Edutorium UMS Jadi Venue Peparnas XVII 2024 dengan Fasilitas Lengkap

ums.ac.id, SURAKARTA – Edutorium KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menjadi pusat perhatian sebagai venue pertandingan para bulutangkis dalam ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke XVII yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 12 Oktober 2024.

Venue Manager di Edutorium UMS, Muhammad Siam Priyono Nugroho, atau yang akrab disapa Yoyon, menyatakan bahwa lokasi ini sebelumnya juga telah digunakan untuk berbagai acara bergengsi, termasuk Asian Para Games 2022 dan Indonesia Open.

Venue Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS

Dalam wawancara, Yoyon menjelaskan fasilitas seperti toilet difabel, ramp, dan panggung khusus bagi penonton difabel telah disediakan untuk memastikan kenyamanan semua pengunjung.

Dalam ajang Peparnas kali ini, Edutorium juga menjadi pusat National Broadcast Center untuk penyiaran 12 cabang olahraga. Pemilihan Edutorium sebagai lokasi penyiaran menunjukkan kenyamanan dan luasnya tempat yang dapat mendukung koordinasi media.

Yoyon berharap, ke depan, lebih banyak event olahraga yang dapat dilaksanakan di Edutorium UMS, dan menjadikannya sebagai pusat kegiatan olahraga yang inklusif dan ramah bagi semua kalangan.

Kunjungan Gibran di Venue Edutorium UMS

“Kami merasa bangga Edutorium UMS terpilih lagi sebagai venue karena gedung ini dirancang untuk mengakomodasi semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas,” ungkapnya Senin,(14/10).

Edutorium UMS tidak hanya berfungsi sebgai tempat pertandingan bulutangkis, tetapi juga memiliki multifungsi lain. Dengan tagline “Convention, Celebration, Exhibition, Art Space, dan Sport Hall,” gedung ini sering digunakan untuk berbagai acara, mulai dari seminar, pernikahan, hingga pameran otomotif.

“Kami juga telah mengadakan konser dari grup-grup ternama dunia, termasuk Air Supply, Deep Purple, dan lain sebagainya,” tambah Yoyon.

Pada momentum tersebut, hadir di Edutorium UMS wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka pada Jumat, (11/10) lalu untuk menyaksikan langsung pertandingan parabadminton.

“Venue Edutorium ini sangat bagus, ya tidak heran karena sudah sering digunakan acara besar sekelas Asian seperti Asian Paragames tahun 2022 lalu,” ujarnya saat diwawancarai media. (Fika/Humas)