Karawitan FKIP UMS Meriahkan Welcoming Dinner ISS 2024

ums.ac.id, SURAKARTA – Karawitan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Langen Laras Sworo mengiringi pembukaan Internasional Student Summit (ISS) di Edutorium UMS, Senin (14/10).

Pada pembukaan ISS malam tersebut, Langen Laras Sworo membawakan beberapa gending pada acara gala dinner serta juga untuk memperkenalkan lagu – lagu Jawa kepada mahasiswa internasional.

Aldi Ramadhan salah satu pengrawit menyampaikan terdapat 25 personil pada malam hari itu, namun sebagian besar personil tersebut merupakan dosen FKIP dan sebagiannya lagi beberapa mahasiswa FKIP.

Langen Laras Sworo memiliki jadwal latihan rutinan seminggu 1 kali, namun juga memiliki latihan secara intens menjelang mengisi acara besar seperti pada acara ISS 2024 ini dengan latihan selama 3 minggu rutin ke belakang.

Pada malam ini Langen Laras Sworo membawakan 3 lagu gending Jawa yaitu, Kotek, Gugur Gunung, dan Kebogiro. Tidak hanya diringi dengan lagu tradisional saja namun welcoming dinner bagi acara pertemuan mahasiswa penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang juga dilengkapi dengan lagu modern.

Aldi berharap dengan turut serta dalam mengisi acara – acara besar dapat melestarikan budaya.

“Semoga untuk ke depannya semakin banyak diminta untuk mengisi acara – acara besar karena turut melestarikan budaya Jawa”, ungkapnya.

Selain itu, Aldi juga berharap kepada UMS agar dapat mengenalkan lebih mengenai musik daerah serta dapat memperluas pengenalan alat musik gamelan. (Habibah/Fika/Humas)