Ratusan Mahasiswa Asing ‘Ambyar’ Saat Ikuti ISS UMS 2024

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai tuan rumah penyelenggara International Student Summit (ISS) 2024 memperkenalkan kebudayaan-kebudayaan Indonesia sejak awal penyambutan mahasiswa ISS 2024 di Welcoming Dinner, Senin (14/10).

Dalam momen menyambut kehadiran mahasiswa asing penerima Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) yang diikuti oleh 222 mahasiswa asing dari 31 universitas dan 49 negara, mahasiswa disuguhkan dengan berbagai penampilan dimulai dari Karawitan, Solo Batik Carnival, hingga Campur Sari untuk mengajak mahasiswa asing itu ‘ambyar’.

Mahasiswa asing itu sangat antusias saat mengikuti kegiatan ISS 2024 di UMS. Banyak dari mereka yang mengabadikan momen berharga ini dengan merekam dan ikut berjoget bersama dengan para penyanyi.

Mahasiswa UNY yang ikut menyanyikan lagu Koyo Jogja Istimewa bersama Viasa Dewa

Bahkan beberapa di antara mereka hafal lagu-lagu Jawa Pop seperti lagu Koyo Jogja Istimewa yang dibawakan oleh Viasa Dewa.

Salah satu mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta bahkan dapat menyelesaikan beberapa bait dari lagu tersebut dan ikut membakar semangat teman-temannya untuk ikut berjoget ke depan.

Selain itu, Rungkad yang dibawakan oleh Woro Widowati juga menambah kenangan dari peserta ISS UMS 2024 yang diakhiri dengan apik.

Mahasiswa Asing ikut berjoget dan bernyanyi di ISS UMS 2024

Mohammed Samih Asshouri mahasiswa asal Yordania yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengaku acara ISS 2024 di UMS sangat meriah.

“Hari ini event nya sangat luar biasa, sangat dipenuhi dengan rasa gembira dan penuh semangat. Dan semua orang di sini sangat menikmatinya, kita menari dan menyanyi. Ini sangat-sangat luar biasa,” ungkap Samih.

Dia menyampaikan dirinya akan bergabung dengan lomba fashion show dengan mengenakan pakaian tradisional. Mohammed berharap dia akan memenangkan lomba tersebut.

Viasa Dewa yang merupakan mahasiswa UMS dan pemenang pada ajang Ambyar Indonesia MNCTV ini mengajak ‘ambyar’ para mahasiswa. Dia sendiri tidak menyangka karena mahasiswa asing bisa ikut menikmati lagu yang dibawakannya dan ikut berjoget.

“Luar biasa sekali, sebenernya nggak expect kalau misalnya mahasiswanya applause ke lagu-lagu ambyar kan ternyata antusiasnya luar biasa sekali,” ungkap mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS itu. (Maysali/Humas)