You are currently viewing Kunjungan Dirjen Pendidikan Tinggi Malaysia dalam Penjajakan Kerjasama dengan PTM

Kunjungan Dirjen Pendidikan Tinggi Malaysia dalam Penjajakan Kerjasama dengan PTM

  • Post author:
  • Post category:Berita

Dirjen Pendidikan Tinggi Malaysia, Datin Paduka Ir. Dr. Siti Hamisah berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penyampaian penjajakan kerjasama antara Dirjen Pendidikan Tinggi Malaysia dengan sejumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Siti Hamisah bersama rombongan dari Malaysia secara khusus diterima di Ruang Sidang Badan Pembina Harian (BPH) Gedung Siti Walidah, Selasa (22/1/2019). Pada kunjungan tersebut, rombongan dari Malaysia turut membawa Rektor Universiti Putra Bangsa Malaysia, Profesor Datin Paduka Dr. Aini Ideris.

Dalam kunjungannya tersebut, Datin Paduka Ir. Dr. Siti Hamisah menyampaikan tawaran kerjasama kepada persyarikatan Muhammadiyah yang dibicarakan dengan beberapa Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), seperti UMS, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Magelang, dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Dalam presentasi penjajakan kerjasama ini, salah satu yang dibahas adalah soal pembangunan universitas di Malsaysia. Dalam presentasi tersebut, Datin Paduka Ir. Dr. Siti Hamisah dibantu oleh Encik Azhar dan Aida Wati. Selain itu beliau juga mengucapkan ‘selamat’ kepada UMS, karena telah meraih ranking di QS World Ranking University.

Menurutnya perolehan prestasi semacam ini tidaklah mudah. Hal ini berdasarkan pengalaman Datin Paduka Ir. Dr. Siti Hamisah yang pernah berusaha untuk memperoleh prestasi itu. Banyak aspek yang dijadikan penilaian, sehingga sebuah universitas dapat memperoleh ranking di QS World Ranking University.

Sementara itu Profesor Datin Paduka Dr. Aini Ideris memaparkan terkait dengan kerjasama kampus antar bangsa, yakni Universiti Putra Bangsa Malaysia dengan Kyushu Institute of Technology Japan.

Tidak hanya presentasi dari Dirjen Pendidikan Tinggi Malaysia saja. Dalam kesempatan ini Rektor UMS, Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku tuan rumah juga memaparkan presentasi terkait dengan UMS. Beberapa paparan yang Dr. Sofyan sampaikan salah satunya visi UMS di tahun 2029 menjadi world class university.

Selain itu, Rektor UMS merencanakan setelah adanya pertemuan ini, para rektor di lingkungan PTM akan mengadakan pertemuan juga. Pertemuan itu direncanakan akan membahas kapan pelaksanaan kegiatan tersebut yang nantinya hal ini akan menjadi awal kerjasama antara PTM dan Dirjen Pendidikan Tinggi Malaysia. (Khairul)