You are currently viewing Guru MGBK Demak Belajar Sekolah Menyenangkan di Kampus UMS

Guru MGBK Demak Belajar Sekolah Menyenangkan di Kampus UMS

  • Post author:
  • Post category:Berita

Para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Demak berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (21/1/2020). Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk belajar tentang bagaimana mengelola sekolah yang menyenangkan. Selain tentunya, ingin mengetahui tentang pendaftaran mahasiswa di kampus UMS.

Dalam kesempatan itu mereka mendapatkan materi dari Taufik, S.PSi., M.Si., Ph.D. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan dengan tema “Sekolah yang Menyenangkan dengan Strategi IKIGAI” bertempat di Ruang Sidang BPH lantai 6 Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Sebanyak 37 anggota MGBK Demak yang berkunjung, mengikuti materi konsep IKIGAI. “Konsep IKIGAI berasal dari Okinawa, Jepang. IKIGAI itu Bahasa Jepang, berasa dari kata IKI yang artinya nilai, GAI berarti kehidupan,” kata Taufiq.

Taufik mengatakan, IKIGAI merupakan konsep yang memaknai nilai kehidupan agar selalu diberi kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. “Bapak Ibu selaku guru BK, setiap harinya ke sekolah, cobalah cari makna kehidupan dan cari hal apa yang membuat bapak – ibu bahagia, sekecil apapun,” ujarnya saat memotivasi para guru BK tersebut.

Selesai sekitar pukul 12.00 WIB, para guru BK tersebut berpindah ke Pondok internasional K.H. Mas Mansyur, di kampus 4 UMS. Disana mereka dijamu hidangan makan siang untuk menutup kegiatan pada hari itu. (Risqi/Humas)