You are currently viewing Festival Permainan Tradisional di Kampus UMS Berlangsung Semarak

Festival Permainan Tradisional di Kampus UMS Berlangsung Semarak

SOLO, iNews.id – Festival permainan tradisional yang digelar di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berlangsung meriah. Berbagai perlombaan permainan tradisional ditampilkan, seperti egrang, tarik tambang, dakon, bakiak, dan dagongan.

Festival permainan tradisional digelar oleh Program studi Pendidikan Olahraga UMS, Selasa (24/1/2023) kemarin. Acara berlangsung di gedung olahraga kampus 2 UMS.

Acara merupakan output dari mata kuliah permainan tradisional, diikuti segenap tenaga pendidik, mahasiswa angkatan 2021 dan 2022, serta undangan yang berasal dari pertukaran mahasiswa merdeka (PMM).

Selain perlombaan permainan tradisional, kegiatan juga memperkenalkan jajanan pasar tradisional.

Festival permainan tradisional yang mengusung tema “Eratkan Persaudaraan, Kokohkan Persatuan dengan Melestarikan Permainan Tradisional” menjadi salah satu langkah agar generasi muda mampu memberikan warna terhadap kebudayaan Indonesia.

“Festival permainan tradisional harapannya akan menjadi berkembang dan menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia kaya dengan budaya. Maka tentu kita sebagai generasi muda harus mampu menunjukkan kriteria budaya kita menjadi karakter bangsa,” kata dosen penanggung jawab acara, Eko Sudarmanto melalui siaran pers Humas UMS, Rabu (25/1/2023).

Pada tahun berikutnya, festival permainan tradisional diharapkan mampu melebarkan sayapnya ke sekolah mitra UMS agar dapat turut meramaikan.

Kepala Program Studi Pendidikan Olahraga UMS, Muhad Fatoni mengungkapkan, melalui kegiatan yang positif diharapkan mahasiswa mampu berakselerasi untuk menjadi inisiator festival pemainan tradisional yang lebih besar.

“Ini baru proses, akan ada kegiatan yang bernama Pekan Olahraga Mahasiswa Muhammadiyah Nasional. Semoga mahasiswa menjadi inisiator dan permainan tradisional dapat dimainkan di sana,” katanya.

Sumber : https://jateng.inews.id/berita/festival-permainan-tradisional-di-kampus-ums-berlangsung-semarak