You are currently viewing Wajah Baru ums.ac.id Ciptakan Sistem Informasi Satu Pintu

Wajah Baru ums.ac.id Ciptakan Sistem Informasi Satu Pintu

SOLO, MettaNEWS – Universitas Muhamamdiyah Surakarta (UMS) meluncurkan website ums.ac.id dengan wajah baru, Rabu (25/1/2023). Segenap civitas akademika UMS menghadiri peluncuran wajah baru website ums.ac.id yang berlangsung di gedung Auditorium Muh. Djazman.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si menyampaikan bahwa website ums.ac.id akan mengintegrasi akses informasi dalam satu pintu.

“Bertujuan untuk menciptakan website yang tertata rapi, kompak, dan terpola. Hal ini untuk memudahkan pengguna  menemukan informasi yang mereka butuhkan,” ungkap Rektor Sofyan.

Website ums.ac.id yang baru ini menggunakan arsitektur back-end dan front-end yang mendukung pengembangan berkelanjutan. Juga, mengintegrasikan dengan berbagai macam platform seperti android dan IOS.

“Teknologi cloud multi regional yang cepat dan aman untuk meningkatkan kecepatan akses dari berbagai belahan dunia. Terlebih, website baru ini menggunakan 3 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, dan Arab, sebagai bagian dari gerakan internasionalisasi UMS,” papar Sofyan.

Terdapat berbagai fitur menarik dalam landing page ums.ac.id. Seperti Informasi detail seluruh program studi di setiap jenjang, informasi beasiswa mahasiswa, informasi riset, kehidupan dan akomodasi kampus, peluang karir universitas.

Pembuatan landing page ums.ac.id merupakan program kerja peningkatan kualitas penyajian informasi kepada stakeholder UMS dan publik.

ums.ac.id Internasionalisasi UMS

Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional Prof. Supriyono, yang mengelola website ini.

“Website baru ums.ac.id memiliki berbagai keunggulan seperti pemusatan akses informasi. Apalagi web baru ini mempunyai Search Engine Optimization (SEO). Selain itu, kita juga dapat mengakses detail kurikulum melalui laman prodi,” ungkap Supriyono.

Supriyono menjelaskan, SEO adalah proses meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik ke sebuah situs web dari mesin pencari melalui perbaikan posisi situs web dalam hasil pencarian.

“Ini untuk meningkatkan kualitas konten, membuat mesin pencari mengakses situs web. Dan membuat situs web lebih relevan untuk pencarian oleh pengguna,” terang Supriyono.

Supriyono menyebut hal ini termasuk teknik seperti menambahkan metadata, membuat link internal dan eksternal, dan menggunakan kata kunci yang relevan dalam konten situs web

“Dalam pengembangan dan pembangunan website ums.ac.id ini melibatkan expertise berbagai bidang. Antara lain UI/UX, web development, konten, bahasa, desain, dan fotografi,” pungkas Supriyono.

Sumber : https://mettanews.id/wajah-baru-ums-ac-id-ciptakan-sistem-informasi-satu-pintu/