You are currently viewing Dalam Mengembangkan Karier Olahraga, Kuliah Prodi POR UMS Jadi Pilihan Terbaik

Dalam Mengembangkan Karier Olahraga, Kuliah Prodi POR UMS Jadi Pilihan Terbaik

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Program studi Pendidikan Olahraga (POR) semakin diminati oleh calon mahasiswa baru. Hal ini terungkap dalam webinar yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Bertema Potensi Prodi Olahraga di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) Menuju Olahraga Muhammadiyah Berkemajuan, pada Jumat (12/1).

Menurut moderator webinar, Nur Subekti, M.Or., yang juga Ketua Prodi (POR) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengungkapkan bahwa berkuliah di Prodi POR, atau Prodi lain yang sejenis keilmuannya, saat ini semakin banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Ada berbagai alasannya.

“Mulai kesadaran tentang kesehatan dan perilaku berolahraga yang semakin meningkat, lapangan kerja yang luas dan terbuka lebar, dan kesempatan untuk terlibat dalam olahraga profesional,” ungkap Nur Subekti yanh juga menjadi ketua Asosiasi Prodi Olahraga PTMA itu.

Kegiatan webinar ini diikuti sebanyak lebih dari 100 peserta, yang berasal dari Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, mahasiswa maupun dari masyarakat.

“Berkuliah di Prodi POR PTMA adalah pilihan terbaik untuk mengembangkan karier olahraga di masa depan,” tambah Nur Subekti.

Sebelumnya, salah satu prestasi yang membanggakan telah diraih oleh mahasiswa Prodi POR UMS yang meraih 3 Medali Emas sekaligus pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII 2023.

Dalam sambutannya Prof., Dr., Irwan Akib, Ketua Bidang Pendidikan, Seni, Budaya, dan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah, memberikan apresiasi pada LPO yang terus bergerak memajukan olahraga dan dakwah. Saat ini ada dua puluh tiga prodi pendidikan olahraga di PTMA. Webinar ini memberikan informasi berharga bagi calon mahasiswa baru yang akan berkuliah.

Sejalan tema yang diangkat, webinar ini menghadirkan pembicara, Ahmad Sulaiman M.Pd., yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Olahraga Unmuh Jember) dan Dr., Doby Putro Parlindungan, M.Pd., yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Olahraga UMJ Jakarta.

“Ilmu olahraga adalah bidang pengetahuan yang mempelajari prinsip-prinsip dan konsep-konsep di balik aktivitas fisik, olahraga, dan kesehatan. Hal ini melibatkan pemahaman mendalam tentang fisiologi, biomekanik, psikologi, dan aspek lain yang berkontribusi terhadap kinerja atlet dan pemahaman tentang manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itulah kami mengembangkan sport science,” ujar Doby.

Doby menambahkan, Prodi POR kini semakin dilirik oleh calon mahasiswa karena memberikan kesempatan mahasiswa untuk berprestasi di bidang olahraga.

Senada dengan Doby, Ahmad Sulaiman menyebutkan bahwa Unmuh Jember telah memiliki sejarah panjang dalam pembinaan olahraga.

“Menjadi mahasiswa prodi pendidikan olahraga sekaligus menjadi kesempatan meniti jalan menjadi pemain sepakbola profesional dan cabang olahraga lain. Ini menjadikan Prodi POR Unmuh Jember diminati mahasiswa baru,” ujar Ahmad. (Fika/Humas)