You are currently viewing Info Beasiswa PMB 2024/2025 UMS Batch I Sudah Dibuka, Simak Persyaratannya!

Info Beasiswa PMB 2024/2025 UMS Batch I Sudah Dibuka, Simak Persyaratannya!

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah membuka Pendaftaran Beasiswa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2024/2025 Batch 1 pada 24 Januari 2024.

Pendaftaran Beasiswa itu dibuka mulai dari 24 Januari – 11 Februari 2024.

PIC Beasiswa PMB, Khilyatin Ulin Fitri, S.Kom., mengatakan bahwa mulai tahun ini pendaftaran beasiswa PMB tidak menggunakan token Sekolah.

“Tahun sebelum-sebelumnya itu kan kita menggunakan token sekolah dulu. Jadi sekolah pendaftar harus membuat akun, kemudian setelah itu akan mendapatkan token, token itulah yang akan digunakan calon mahasiswa untuk mendaftar,” kata Ulin, Kamis, (25/1).

BACA JUGA: Jadi Prodi Paling Diminati, PMB UMS Hanya Akan Terima 180 Kursi untuk Kedokteran UMS

Akhirnya, lanjut dia, tahun ini pendaftaran calon mahasiswa yang berminat melalui jalur beasiswa tanpa perlu menggunakan token, jadi calon mahasiswa bisa langsung mendaftar.

Ada persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar beasiswa, meliputi: (1) Melampirkan Rapor semester 1-5 yang memperoleh Cap Legalisasi sekolah pada setiap semester; (2) Menyerahkan surat permohonan untuk memperoleh beasiswa menggunakan form yang disediakan UMS (dapat diunduh di akun masing-masing pendaftar); (3) Calon Mahasiswa hanya dapat mengikuti seleksi pada 1 jenis beasiswa.

Mengikuti perkembangan kurikulum baru, pada pendaftaran itu juga diwajibkan untuk mengisikan semua nilai dari mata pelajaran yang ditempuh selama sekolah.

“Mulai Kurikulum 2013 (K-13) itu kan tidak ada sistem perangkingan siswa, itulah yang menyulitkan siswa untuk minta ke sekolah (daftar rangking) sebagai syarat mendaftar beasiswa UMS, akhirnya kita membuat syarat terbaru yaitu dengan mencantumkan semua nilai dari mata pelajaran yang ditempuh selama 5 semester,” papar Ulin.

UMS menyediakan 5 Skema Beasiswa bagi calon pendaftar mahasiswa baru, yaitu : (1) Beasiswa Kiai Haji Ahmad Dahlan (BKAD) ; (2) Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah (BTUM) ; (3) Beasiswa Hafidz Al-Qur’an (BHA) ; (4) Beasiswa Unggulan (BU) ; dan (5) Beasiswa Prestasi (BP).

Informasi pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru UMS jalur beasiswa, bisa di akses melalui laman https://pmb.ums.ac.id/jalur-beasiswa/

“Harapannya semakin banyak calon mahasiswa yang mendaftar jalur beasiswa yang merupakan mahasiswa yang juga turut andil dalam meningkatkan nama baik UMS sehingga beasiswanya tepat sasaran,” pungkas Ulin. (Yusuf/Humas)