You are currently viewing Jadi Pusat Perhatian Saat CFD! Mahasiswa Teknik Sipil UMS Pamerkan Capstone Desain Inovatif

Jadi Pusat Perhatian Saat CFD! Mahasiswa Teknik Sipil UMS Pamerkan Capstone Desain Inovatif

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Untuk menunjukkan kehebatan akademisnya yang luar biasa, mahasiswa program studi Teknik Sipil Fakuktas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi pusat perhatian pada Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi Surakarta.

Hal tersebut dikarenakan para mahasiswa mempresentasikan capstone design inovatif mereka dari tugas mata kuliah Manajemen Konstruksi. Dalam pamerannya itu, mahasiswa menyampaikan presentasi terkait rancangan kawasan, tidak hanya menyoroti keunggulan namun juga menggarisbawahi komitmen program studi untuk mengembangkan solusi inovatif untuk masa depan konstruksi.

Dosen Teknik Sipil UMS, Tsulis Iq’bal Khairul Anwar, S.T., M.sc., menyampaikan bahwa pengadaan tugas mata kuliah Manajemen Konstruksi itu ditujukan untuk menambah kapabilitas mahasiswa.

“Tugas Manajamen Konstruksi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang desain kawasan yang terdiri atas rumah tinggal, taman rekreasi, fasilitas olahraga, tempat ibadah, dan embung. Selain itu, hal tersebut berkaitan dengan peningkatan minat mahasiswa pada dunia wirausaha,” ungkap Iq’bal, Sabtu (20/1).

BACA JUGA: Cerita Peserta Indo-Austay, Saat Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia

Setidaknya terdapat 17 kelompok, yang terdiri lebih dari 200 mahasiswa unjuk kerja hasil perencanaan kawasan yang sudah mereka kerjakan selama enam bulan lamanya.

Materi yang dipersembahkan pada saat pameran di CFD Slamet Riyadi (14/1) itu melibatkan desain inovatif, perhitungan harga jual yang cermat, analisis investasi mendalam, dan visualisasi mengesankan dalam bentuk video 3D.

“Presentasi ini memberikan gambaran komprehensif tentang kompetensi mahasiswa dalam mengembangkan solusi berbasis rekayasa untuk kawasan tersebut. Survey kepada masyarakat juga diadakan untuk menilai kelayakan dan memberikan saran kepada setiap kelompok,” terang Dosen Teknik UMS itu.

Iqbal menyampaikan, pemaparan mahasiswa Teknik Sipil UMS saat di CFD mengenai perencanaan kawasan superminiblock dari mata kuliah Tugas Manajemen Konstruksi diharapkan dapat membawa manfaat berharga dengan menumbuhkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat.

Dia meneruskan, inisiatif yang dibawakan oleh mahasiswa itu tidak hanya menunjukkan keterampilan teknis mahasiswa tetapi juga mendorong pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan dikelola dengan baik, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang praktik konstruksi dan dampak positifnya terhadap lingkungan. (Maysali/Humas)