You are currently viewing Selain Kedokteran, Prodi Ilmu Komunikasi UMS Juga Menjadi Favorit Calon Mahasiswa!

Selain Kedokteran, Prodi Ilmu Komunikasi UMS Juga Menjadi Favorit Calon Mahasiswa!

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Minat siswa terhadap Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai kampus tujuan untuk melanjutkan studi terlihat mengalami peningkatan sejak diberlakukannya sistem tes CBT yang dibuka setiap hari Senin-Sabtu.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Vidi Novia Putra, S.M., yang mengatakan bahwa terjadi lonjakan dari jumlah pendaftar per 11 Desember.

“Tetap ada lonjakan. Karena kemarin bertepatan juga waktu anak SMA libur jadi mereka itu berbondong-bondong untuk mendaftar di jalur CBT,” ujar Vidi, Sabtu (30/12).

Database menunjukkan sebanyak 2.559 peserta telah mendaftar ke UMS dan telah melakukan registrasi sebagai mahasiswa UMS sebanyak 267. Jumlah tersebut juga mengalami peningkatan daripada tahun sebelumnya.

“Ini juga mengalami peningkatan di tanggal yang sama tapi tahunnya berbeda. Tanggal 30 Desember 2022 kemarin itu 205, tapi 30 Desember 2023 itu 267 yang sudah registrasi,” detailnya membacakan data per 30 Desember 2023 Pukul 10:06 WIB.

Vidi juga menyampaikan, ketika tim promosi PMB UMS melakukan kegiatan expo atau kunjungan ke sekolah, sebagian besar siswa yang berkunjung ke booth UMS menanyakan Prodi Kedokteran, Ilmu Komunikasi dan program studi yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dalam data tersebut, terlihat detail jumlah pendaftar Prodi Ilkom UMS mencapai 75 dengan yang telah lolos seleksi hanya lah 16 peserta.

“Biasanya kalau awal-awal memang agak kurang, tapi biasanya di Bulan Maret sudah sangat masif,” tuturnya.

Hal tersebut biasanya dikarenakan sudah mulai ada pengumuman siswa yang berhak mengikuti SNBP ataupun pengumuman seleksi lainnya.
Selain Ilkom UMS, prodi dari rumpun Sosial-Humaniora yang jumlah kursinya segera penuh adalah Psikologi, Manajemen, dan Hukum.

Baik program kelas reguler maupun program kelas Internasional, sama-sama menjadi favorit untuk para calon mahasiswa. Bahkan bagi yang berminat di kelas reguler rela mengambil kelas Internasional hanya agar dapat menjadi bagian dari prodi tersebut.

“Kelas internasional yang Teknik Informatika dan yang Ilkom penuh itu gara-gara mereka yang minatnya di reguler itu aslinya, terus lari ke inter,” jelas Tim Promosi PMB itu.

Untuk mendapatkan minat yang tinggi, beberapa langkah dilakukan oleh Tim Promosi PMB itu yaitu dengan memperbanyak menerima tawaran expo di berbagai daerah sekaligus menawarkan kegiatan workshop.

“Kita juga memperluas yang workshop. Kalau kemarin cuma 5, nah sekarang kita maksimalkan jadi 18 kota/kabupaten kita tawari untuk kerja sama workshop dan sosialisasi tes online,” sambung Fefy Sheila Putri, S.I.Kom., salah satu Tim Promosi PMB UMS lainnya.

Workshop tersebut ditujukan kepada Guru BK di sekolah-sekolah yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menurut Vidi, hal tersebut akan menguntungkan mereka untuk membantu menyebarkan terkait dengan informasi PMB. Workshop yang ditawarkan oleh PMB UMS adalah pelatihan mengenai keguruan juga materi berkaitan dengan kesehatan mental dengan menghadirkan ahli di bidangnya.

Kemudian, Data PMB UMS Per Sabtu 30 Des 2023, pukul 16.00, detail jumlah pendaftar adalah 2.624, validasi 942, diterima 459, dan registrasi 282. (Maysali/Humas)