You are currently viewing Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris dan Arab, Dosen dan Mahasiswa Asing UMS Berikan Pembelajaran

Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris dan Arab, Dosen dan Mahasiswa Asing UMS Berikan Pembelajaran

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memberikan pembelajaran bahasa Inggris dan Arab di MI Muhammadiyah Akhlaqul Karimah (MIM AKA) Mojogedang. Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara madrasah dengan Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS dengan MIM AKA Mojogedang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (24/1) itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bahasa asing siswa-siswi di MIM AKA. Selain Ali, yang merupakan mahasiswa asing asal Yaman, Wakil Rektor I UMS Prof., Dr., Harun Joko Prayitno, M.Hum., juga turut menyampaikan pembelajaran.

Ke duanya disambut dengan penuh antusias oleh para siswa. Siswa-siswi memberikan penyambutan siswa-siswi di halaman sekolah dengan mengibarkan bendera Merah Putih. Kemudian mereka juga menunjukkan kebolehan di depan Ali dengan lagu daerah ‘ gundul-gundul pacul’, Tasmi’ Surat An Naba dan menyanyikan lagu Sang Surya.

“Saya senang bisa datang ke sini (MIM Akhlaqul Karimah Mojogedang) karena saya bisa belajar bahasa Arab dan bahasa Indonesia bersama anak-anak. Dan saya juga berharap dengan adanya kunjungan ini anak-anak menjadi lebih semangat dalam belajar khususnya bahasa asing,” ungkap Ali, mahasiswa S2 Teknik Kimia UMS.

Ali juga mengungkapkan akan mengusahakan untuk dapat berkunjung kembali lagi dikemudian hari.

Wakil Rektor I UMS menyampaikan bahwa kerja sama yang dilakukan antara UMS dengan MIM AKA Mojogedang menjadi upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri.

“Ini merupakan salah satu upaya yang saya lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dan juga meningkatkan mutu sekolah dengan adanya kunjungan dari mahasiswa asing dari kampus yang datang ke sekolah (MIM Akhlaqul Karimah Mojogedang). Dengan adanya ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan juga semangat mengajar bagi guru-guru yang ada di sekolah ini,” ujar Harun.

MIM AKA Mojogedang berharap kegiatan tersebut dapat menambah motivasi anak-anak dan pendidik madrasah dalam pengembangan bahasa untuk terus memacu agar dapat berkomunikasi bahasa asing dengan lancar. (Maysali/Humas)