You are currently viewing UMS Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2024

UMS Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2024

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Tahun 2024 ini ditunjuk menjadi Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia (KRI). Acara tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Dalam rangka menyiapkan pelaksanaan Kontes Robot Indonesia, UMS melakukan studi banding ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang pernah menjadi tuan rumah KRI pada tahun 2022 lalu.

Kabag Penalaran, Kreativitas dan Softskill Biro Kemahasiswaan UMS, Ir. Muh. Alfatih Hendrawan, S.T., M.T. mengungkapkan studi banding pada Kamis (11/1) membahas di antaranya adalah bagaimana menyelenggarakan lomba robot dengan efisien dan efektif, mengatur layout tempat lomba dalam satu spot ruang, kendala terbesar dalam melaksanakan event besar tersebut dan bagaimana solusi solusi yang telah dilakukan oleh ITS saat menjadi penyelenggara.

“Sebagai informasi, rangkaian pagelaran KRI 2024 akan dimulai awal Februari sampai dengan awal bulan Juli 2024 yaitu sosialisasi, penerimaan desain proposal, seleksi tahap 1, seleksi tahap 2 berupa prototipe, lomba seleksi tingkat wilayah yang dilaksanakan online dan pada tingkat nasional yang dilaksanakan di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS di awal Juli nanti,” papar Dosen UMS itu, Sabtu (13/1).

Dia berharap, UMS sebagai tuan rumah KRI 2024 mampu mengelola Kontes Robot Nasional dengan lancar dan sukses.

“Dengan demikian UMS akan lebih dikenal lagi sebagai kampus yang mendukung pengembangan teknologi, khususnya robotika yang cerdas di Indonesia ini, bahkan sampai internasional,” tegasnya.

KRI tahun 2024, merupakan penyelenggaraan ke-22 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu, dan merupakan pertama kalinya diselenggarakan di UMS.

Tim UMS yang berangkat untuk studi banding adalah tim Inti panitia KRI tahun 2024 ini yaitu 1. Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan); 2. Ir. Ahmad Kholid Alghofari, S.T., M.T. (Kepala Biro Kemahasiswaan); 3. Ir. Rois Fathoni, S.T., M.Sc., Ph.D (Dekan Fakultas Teknik); 4. Dr. Indah Pratiwi, S.T., M.T. (Wakil Dekan Fakultas Teknik); 5. Ir. Muh Alfatih Hendrawan, S.T., M.T. (Kabag Penalaran, Kreativitas dan Softskill); 6. Bana Handaga, S.T., M.T, Ph.D (Kepala Biro IT); 7. Heru Supriyono, S.T., M.Sc., Ph.D (Kepala Prodi Teknik Elektro); 8. Mufidha Brilian Irianti, S.Hum., M.A. (Staff Biro Kemahasiswaan); 9. Wildan Hanif Amri, S.Pd. (Staff Biro Kemahasiswaan) .

Sedangkan pihak ITS yang menerima adalah (1.) Prof. I Ketut Eddy Purnama, Ph.D selaku Ketua Pelaksana KRI 2022 dan Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas; (2.) Dr Imam Abadi, ST, MT sebagai Kepala Direktorat Kemahasiswaan ITS; (3.) Beberapa dosen pembimbing robot ITS yang menjadi panitia saat KRI 2024. (Fika/Humas)