You are currently viewing Uzlah Proposal Riset DRTPM 2022 UMS

Uzlah Proposal Riset DRTPM 2022 UMS

  • Post author:
  • Post category:Berita

Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Uzlah Proposal Riset DRTPM tahun 2022 pada hari Senin (7/2) di Lorin Solo Hotel.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Riset, Pengabdian, Publikasi dan HAKI Prof. Dr. Drs. Harun Joko Prayitno, S.E., M.Hum sekaligus menjelaskan bahwa UMS memiliki 3 pilar lembaga utama yaitu Lembaga Riset dan Inovasi (LRI), Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP), dan Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar dalam rangka mereputasikan UMS menjadi universitas yang unggul di kancah dunia terutama dalam bidang hilirisasi inovasi.

“UMS memiliki 3 pilar utama lembaga yang mereputasikan UMS menjadi univirsitas yang unggul di kancah dunia yaitu Lembaga Riset dan Inovasi (LRI), Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP), dan Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar,” Jelas Prof Harun.

Ber’uzlah artinya mengasingkan dan menjauhkan diri, dalam hal ini UMS menerapakan uzlah dalam rangka memfokuskan para pengaju proposal DRTPM agar lebih fokus dan sesuai dalam pengajuannya.

Kepala bidang riset Lembaga Riset dan Inovasi Universitas Muhammadiyah Surakara (LRI UMS) Ir. Sri Sunarjono, M.T., Ph.D. menjelaskan tujuan dari uzlah ini adalah Memotivasi dosen – dosen untuk menyusun dan mensubmit proposal penelitian ke Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) tahun anggaran 2022, Melakukan pendampingan dan klinik proposal yang akan di upload ke simlitabmas sesuai dengan kualitas dan template yang telah di tetapkan DRTPM.

Sebelum kegiatan uzlah ini, LRI UMS telah melakukan pendampingan selama 5 tahun dengan menghasilkan 541 penelitian internal, 394 penelitian eksternal, 3 penelitian internasional, 176 Kekayaan intelektual, 2116 publikasi jurnal, 1720 proceeding, dan 236 buku ajar.

Kepala Bidang Riset LRI Dr. Ambarwati menjelaskan dalam kegiatan ini terdapat beberapa pembahasan seperti penjelasan point point penting dalam penyusunan proposal, update Simlitabmas dan Self Assessment Track Record, Penjelasan dan Penyusunan RAB, Pendampingan Penyusunan Proposal, dan Simulasi Upload di Simlitabmas. (Brondy/Humas)