You are currently viewing Bekali Kemampuan IPTEKS dan Spiritual! Pascasarjana UMS Gelar Orientasi 505 Mahasiswa Baru

Bekali Kemampuan IPTEKS dan Spiritual! Pascasarjana UMS Gelar Orientasi 505 Mahasiswa Baru

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, PABELAN – Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menggelar Orientasi Mahasiswa Baru Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 yang dilaksanakan pada Sabtu, (17/2) di Ruang Seminar Pascasarjana, Kampus II, UMS.

Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., menyampaikan selamat bergabung dengan keluarga besar UMS. Menurutnya, perjuangan tersebut tidak mudah, lantaran sekarang kampus sedang melakukan berbagai transformasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), tata kelola dan bidang akademik. Maka dengan transformasi tersebut konsekuensinya harus ada peningkatan kualitas.

“Saya mengapresiasi sekolah pascasarjana, dari tahun 2017 sampai sekarang ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari data yang mendaftar maupun mahasiswa yang diterima,” ungkap Rektor UMS itu.

Sofyan Anif berpesan, ketika mahasiswa pascasarjana kuliah di UMS harus berbahagia, jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang sedang viral di media sosial saat ini.

“Ingat, kunci kuliah cepat selesai adalah menjaga komunikasi antara dosen dan mahasiswa, sehingga harus ada kerjasama yang baik. Kemudian ketika menjadi mahasiswa S1 ataupun S2 harus memiliki semangat untuk belajar yang lebih tinggi,” paparnya.

Rektor UMS menegaskan, bahwa di UMS mahasiswa akan diberikan penguatan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dan penguatan spiritual.

Dalam kesempatan yang sama, Prof., M.Farid Wajdi, M.M., Ph.D., menyampaikan bahwa orientasi ini merupakan kegiatan rutin untuk menyambut mahasiswa baru Pascasarjana.

“Pascasarjana UMS memiliki dua prinsip, yaitu akademis dan humanis, sehingga semua dilakukan untuk mencapai standar akademis Perguruan Tinggi,” tegas Direktur Pascasarjana UMS itu.

Farid juga menegaskan bahwa tidak ada yang sulit, hanya saja belum bisa.

“Prinsip kami, adalah menjembatani masa depan anda (red: mahasiswa baru pascasarjana) dan kesuksesan anda adalah kesuksesan kami,” pungkas Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi itu.

Dalam wawancara terpisah, Wakil Direktur Pascasarjana UMS, Prof., Marwan Effendy, ST., MT., Ph.D., mengungkapkan jumlah mahasiswa baru total 505 mahasiswa, dengan rincian S2 sejumlah 467 mahasiswa dan S3 sejumlah 38 mahasiswa. Pada semester genap Tahun 2023/2024 hanya menerima 35% dari pendaftar untuk program magister dan 32% untuk program doktor.

Kemudian, materi orientasi dipandu oleh Marwan Effendy yang mengenalkan akademik dan keuangan dan dilanjutkan materi orientasi Perpustakaan oleh tim dari Perpustakaan. Kegiatan tersebut diakhiri dengan prodiria untuk pengenalan masing-masing program studi. (Fika/Humas)