You are currently viewing Mahasiswa UMS Bisa Traveling Luar Negeri dan Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa, Begini Ceritanya

Mahasiswa UMS Bisa Traveling Luar Negeri dan Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa, Begini Ceritanya

Cavella Noor Putri, Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). (Ist.)

Solo Cakrawala.Co,-Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Cavella Noor Putri, menceritakan bagaimana dia bisa berkeliling ke luar negeri dan diterima menjadi Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4.

Tahun 2021 menjadi tahun yang istimewa baginya. Dia yang awalnya tidak terpikir sama sekali untuk mencicipi dunia perkuliahan dikarenakan menurunnya mengenyam pendidikan tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, ternyata tidak sepenuhnya benar.

Cavella merupakan salah satu mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah, Internasional, dan Tahfidz Al-Qur’an (BUMITA) di UMS.

“Sejak awal masuk, aku gak pernah bayar sepeser pun. Bahkan sampai wisuda nanti,” ungkap Cavella melalui Postingan Instagram Reelsnya di Akun @putri_cavellaaa, Senin, (12/2).

Bukannya diwajibkan untuk membayar, tegasnya, dia bahkan mendapat biaya hidup sehari-hari (living cost) setiap bulannya.

Karena banyaknya peluang untuk mengembangkan potensi diri di UMS, Cavella semakin serius untuk mengembangkan potensi dirinya. Ia kemudian berhasil lolos untuk mendedikasikan dirinya turut andil menjadi pengajar di University Of Northern Philippines dalam program Pre Service Student Teacher Exchange In Southeast Asia 2023.

Kemudian Pada tahun ini, Cavella berhasil mendaftar pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 yang diikuti oleh ratusan mahasiswa seluruh Indonesia. Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada tahun 2024 ini bertempat di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Bagi yang ingin kuliah gratis di kampus yang berakreditasi unggul, UMS membuka 6 jenis program beasiswa untuk program Sarjana, meliputi: (1) Beasiswa Kiai Haji Ahmad Dahlan (BKAD); (2) Beasiswa Unggulan UMS (BU-UMS); (3) Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah dan Daerah (BTUMD); (4) Beasiswa Prestasi UMS (BP-UMS); (5) Beasiswa Internasional UMS (BI-UMS); dan (6) Beasiswa Hafidz Al-Quran (BHA).

Sumber: https://www.cakrawala.co/daerah/77511913059/mahasiswa-ums-bisa-traveling-luar-negeri-dan-ikuti-program-pertukaran-mahasiswa-begini-ceritanya