You are currently viewing Ikut Sukseskan Pemilgub Jateng 2018, UMS Dukung KPU Jateng Goes to Campus

Ikut Sukseskan Pemilgub Jateng 2018, UMS Dukung KPU Jateng Goes to Campus

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pemilihan Umum Gubernur Jawa Tengah (Pemilgub Jateng) 2018 sudah hampir menginjak waktunya. Dengan adanya hajatan besar tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah berusaha memberikan sosialisasi kepada para mahasiswa yang nantinya akan menjadi pemilih. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan melalui kerjasama antara KPU dengan kampus-kampus yang ada, salah satunya Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Sosialisasi yang bertajuk KPU Jateng Goes to Campus ini digelar di Ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah UMS, Selasa (13/03/2018). Kegiatan tersebut dihadiri oleh 100 mahasiswa yang dipilih melalui seleksi oleh Kemahasiswaan UMS. Wakil Rektor III UMS, Taufik, Ph.D mengungkapkan bahwa 100 mahasiswa yang mengikuti acara ini adalah mereka yang terpilih yang terpilih.

“Yang mengikuti acara ini adalah mereka mahasiswa yang terpilih. Mereka kebanyakan adalah mahasiswa-mahasiswa yang ikut dalam berbagai bidang yang diselenggarakan oleh universitas. Ada mahasiswa berprestasi, ada pula mahasiswa PKM, dan sebagainya,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi ini, para peserta diberikan 2 materi sebagai pengetahuan dasar mengenai Pemilgub yang akan segera digelar. Yang pertama, mahasiswa diberikan pemahaman mengenai materi pemilih berdaulat yang bergerak melawan hoax oleh Diana Ariyanti selaku Komisioner KPU Jateng. Kemudian materi kedua mengenai peran strategis mahasiswa dalam mewujudkan pemilukada berkualitas yang diberikan oleh Muchamad Iksan, MH selaku Dosen Fakultas Hukum UMS.

Achmad Zaki selaku Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) KPU Jateng mengungkapkan alasan diadakannya kegiatan KPU Jateng Goes to Campus ini agar mahasiswa dapat menjadi agen sosialisasi dalam rangka menyukseskan Pemilgub Jateng 2018.

“Mahasiswa dapat menjadi agen sosialisasi untuk mensosialisasikan lebih lanjut kepada sesama rekan mahasiswa, baik di dalam kampusnya sendiri atau di kegiatan-kegiatan ekstra kampus. Sehingga kegiatan pelaksanaan Pilgub Jateng dapat di sosialisasi khususnya kepada segmen mahasiswa,” ungkapnya.

Melalui sosialisasi ini diharapkan seluruh mahasiswa yang hadir dapat menyebarkan informasi-informasi yang berkenaan dengan penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jateng 2018. Sehingga nantinya seluruh mahasiswa di UMS dapat berkontribusi terhadap suksesnya penyelenggaraan Pemilgub ini, terutama dalam hal mendorong pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya secara tepat. (Khairul)