You are currently viewing Tata Laksana Holistik Kasus Penyakit Kulit dan Kesehatan Reproduksi di Pondok Pesantren Muh. Manafi’ul Ulum, Sambi-Boyolali

Tata Laksana Holistik Kasus Penyakit Kulit dan Kesehatan Reproduksi di Pondok Pesantren Muh. Manafi’ul Ulum, Sambi-Boyolali

  • Post author:
  • Post category:Berita

Kamis, 24 Maret 2022 dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat P2AD Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Batch 1. Tata Laksana Holistik Kasus Penyakit Kulit dan Kesehatan Reproduksi dilangsungan di Kecamata Sambi, Boyolali tepatnya Pondok Pesantren Muh Manafi’ul Ulum.

Pada awalnya telah dilaksanakan survei pendahuluan dan profiling data epidemiologi para santri, yang kemudian pada hari tersebut dilanjutkan dengan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi, alergi imunologi, serta infeksi pada kulit/dermatologi tropis oleh para dosen Fakultas Kedokteran UMS, yang juga dibantu oleh para mahasiswa Fakultas Kedokteran. Direncanakan kegiatan selanjutnya adalah pemberian pelatihan serta pengobatan massal.

Kegiatan penyuluhan bertujuan untuk transfer ilmu kepada para santri/santriwati di pondok pesantren, sehingga mitra dapat mengenali berbagai penyakit yang umum terjadi di lingkungan pondok pesantren.

Sedangkan kegiatan pelatihan bertujuan untuk transfer skill kepada para guru di pondok pesantren untuk membantu memberikan penanganan awal terkait hal tersebut.

Pengobatan massal dilaksanakan untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan yang sedang terjadi di pondok pesantren secara holistik. (ADS)