You are currently viewing Nia Ramadhani Sharing Mental Health Bareng Mahasiswa UMS

Nia Ramadhani Sharing Mental Health Bareng Mahasiswa UMS

Solopos.com, SOLO–Nia Ramadhani membersamai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Solo atau UMS membicarakan mengenai kesehatan mental.

Menurut dia, kesehatan mental sangat penting bagi anak muda. “Sangat penting, lebih jelasnya nanti saya share di dalam, ini base on true story. Apalagi kemarin sempat ada anak SD yang bunuh diri karena di-bully teman-temannya,” kata Nia kepada wartawan di Auditorium UMS, Kamis (9/3/2023).

Nia Ramadhani berbagi kisah dan motivasi untuk menjalani hidup. Termasuk membagi pengalamannya melewati rehabilitasi pada 2021.

Dia bercerita sejak kecil sudah melewati masa-masa berat. Nia mengatakan sejak kecil dia tumbuh di keluarga yang tidak sehat.

“Saya tumbuh menjadi anak kecil yang melihat ibu saya dilempar gelas besar di punggung, saya yang mencabuti serpihan gelasnya,” kata dia.

Di umur sembilan tahun, Nia bercerita menyaksikan kedua orang tuanya bercerai. Kondisi keluarga seperti itu membuat Nia harus bekerja sebagai pemain sinetron “Saya kecil tidak sempat main, banyak masalah dan tidak tahu mau cerita ke siapa,” kata dia.

Menurut dia, pengalamannya sejak kecil itu menumpuk dan akhirnya meledak pada 2021 ketika dia ditangkap terkait kasus narkoba. “Meledak, saya menangis, itu rasa beratnya dari kecil sampai 2021. Ternyata saya banyak kekurangan, tapi nggak tahu,” kata dia.

Dari kejadian tersebut dia akhirnya memutuskan untuk datang ke psikolog. “Sampai akhirnya kalau tidak ada kejadian kemarin, tidak ungkin datang ke psikolog. Saat ketemu psikolog ternyata banyak sekali yang ga oke di diri saya,” ujar dia.

Menurut Nia, segala masalah harus diceritakan baik itu kepada teman, keluarga, atau psikolog. “Harusnya diomongin aja, nah itulah kesalahan yang menyebabkan saya mencari pelarian [ke narkoba],” kata dia.

Nia menjelaskan salah satu cara untuk mengeluarkan masalah dalam diri adalah dengan menulis. “Cara mengeluarkan salah satunya menulis. Jadi novel Cerita Ade ini adalah buku refleksi dari kisah yang saya lalui,” kata dia.

Nia Ramadhani menulis novel berjudul Cerita Ade yang juga dibedah pada kesempatan sharing motivasi pentingnya mental health bagi generasi muda.

Sumber : https://www.solopos.com/nia-ramadhani-sharing-mental-health-bareng-mahasiswa-ums-1569828?utm_source=terkini_desktop