You are currently viewing Pondok Shabran UMS Buka Penerimaan Beasiswa Kader Mahasantri Baru Tahun Akademik 2024/2025

Pondok Shabran UMS Buka Penerimaan Beasiswa Kader Mahasantri Baru Tahun Akademik 2024/2025

ums.ac.id, SOLO – Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka Penerimaan Beasiswa Kader Mahasantri Baru Tahun Akademik 2024/2025.

Direktur Pondok Shabran UMS, Nur Risqi Febriandika, M.B.A., M.SEI., menyampaikan bahwa Pondok Shabran UMS mencetak generasi Ulama Tarjih dan Tabligh yang memiliki skill organisasi yang unggul, pengetahuan yang mumpuni, kecakapan bahasa Arab dan Inggris yang aktif, hafalan yang banyak, serta berakhlak mulia.

“Alumni Pondok Shabran UMS sudah sangat banyak tersebar di seluruh penjuru Nusantara dan terbukti kontribusinya,” ungkap Direktur, yang dikutip dari laman pondokshabran.ums.ac.id , Senin, (4/3).

Penerimaan Beasiswa Kader Mahasantri Baru Tahun Akademik 2024/2025 dibuka mulai tanggal 1 Maret – 22 Juni 2024. Selanjutnya, Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi pada tanggal 26 Juni 2024.

Terdapat 5 kualifikasi bagi calon mahasantri. Kualifikasi tersebut meliputi: (1) Kader atau Aktivis atau Organisasi Ortonom Muhammadiyah; (2) Memiliki kecakapan membaca Al-Quran sangat baik; (3) Tidak merokok dan berbadan sehat; (4) Usia maksimal 22 tahun per 1 Agustus 2024; (5) Belum menikah.

Bagi yang berminat mendaftar menjadi Mahasantri Baru, syarat yang harus dilengkapi yaitu : (1) Mengisi formulir pendaftaran. Download di Pondokshabran.ums.ac.id/download ; (2) Mendaftar secara online di web Pondokshabran.ums.ac.id/beasiswa ; (3) Pas Foto berwarna terbaru latar belakang biru 3×4 sebanyak 2 Lembar ; (4) Fotocopy KTP sebanyak 2 Lembar ; (5) Fotocopy Ijazah SMA/MA/SMK yang dilegalisir dan Ijazah pondok (bagi yang memiliki) sebanyak 2 Lembar (bisa menyusul) ; (6) Fotocopy Raport SMA/MA/SMK kelas X, XI, XII dan Raport pondok kelas X, XI, XII (bagi yang memiliki) yang dilegalisir sebanyak 2 Lembar ; (7) Surat rekomendasi dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) setempat ; (8) Surat Keterangan tidak merokok yang dapat diunduh pada laman Pondokshabran.ums.ac.id/download ; (9) Surat izin tertulis dari Orang Tua/ Wali, dapat diunduh pada laman Pondokshabran.ums.ac.id/download ; (10) Sertifikat Prestasi pendukung.

Setelah melengkapi persyaratan, prosedur pendaftaran serta seleksi yang harus dilewati yaitu calon mahasantri menyiapkan semua berkas persyaratan, scan semua berkas persyaratan kedalam format PDF, kemudian bisa mendaftar secara online di laman pondokshabran.ums.ac.id/beasiswa dan mengunggh semua berkas persyaratan. Dilanjutkan dengan calon mahasantri mengirim berkas fisik berupa fotocopy paling lambat pada tanggal 22 Juni 2024 ke alamat Pondok Shabran (Jl. Latar Putih, Saripan Rt/w 02/12, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo 57161.)

Kurikulum yang disajikan pada Pondok Shabran meliputi : 1 Tahun Masa I’dad (Hafalan minimal 10 Juz dan Aktif 100% Bahasa Arab), 4 Tahun Kuliah terintegrasi dengan Fakultas Agama Islam UMS (Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Qur’an dan Tafsir), 1 Tahun Pengabdian Purna Studi (Luar Negeri, Dalam Negeri, Luar Pulau Jawa, dan Dalam Pulau Jawa)

Pondok Shabran UMS adalah program pengkaderan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan UMS. Setiap tahunnya Pondok Shabran UMS memberikan beasiswa full kepada Mahasantri Putra utusan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah seluruh Indonesia.

Fasilitas yang diberikan bagi penerima beasiswa yaitu Program I’dad, Asrama, Dana Pengembangan, SPP selama 8 semester, Regristasi masuk UMS, Biaya Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Skripsi, serta Biaya Wisuda. (Yusuf/Humas)