You are currently viewing Ikuti Jejak 2 Tim Sebelumnya, RR El Ganador dan Megalodon UMS Lolos ke Seleksi Wilayah KRI 2024

Ikuti Jejak 2 Tim Sebelumnya, RR El Ganador dan Megalodon UMS Lolos ke Seleksi Wilayah KRI 2024

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai kampus unggul, berkemajuan dan berteknologi tinggi turut serta dalam mendukung perkembangan teknologi, dibuktikan pada tahun ini UMS menjadi penyelenggara Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 yang diselenggarakan secara bertahap mulai dari 24 April – 8 Juli 2024.

KRI adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa pada perguruan tinggi di wilayah Republik Indonesia, dari berbagai K/L atau kedinasan, yang tercatat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

KRI 2024 mempertandingkan 7 (tujuh) divisi sebagai berikut: (1) Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); (2) Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); (3) Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; (4) Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid; (5) Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); (6) Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI); (7) Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Kegiatan KRI Tahun 2024 diselenggarakan secara bertahap, yaitu Kontes Tingkat Wilayah dan Kontes Tingkat Nasional. KRI Tingkat Wilayah diselenggarakan secara daring (online), yang terbagi dalam 2 (dua) wilayah. KRI Wilayah I diikuti oleh peserta dari Indonesia bagian Barat dan KRI Wilayah II diikuti oleh peserta dari Indonesia bagian Timur.

Sejumlah tim terbaik pada KRI Tingkat Wilayah akan diundang untuk ikut serta pada Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional secara luring (offline), dimana tim peserta mempertandingkan robotnya secara langsung pada lapangan pertandingan di yang bertempat di Edutorium K.H. Ahmad Dahlan UMS.

Pada tahapan visitasi untuk evaluasi kesiapan robot, lapangan, dan infrastruktur tim peserta yang dilaksanakan secara dari melalui platform Zoom Meeting, Tim Robot Research (RR) El Ganador UMS yang akan berkontes pada divisi KRTMI KRI 2024 berhasil lolos running test dan siap untuk maju ke seleksi tingkat wilayah KRI 2024.

Ketua Tim RR El Ganador yang juga merupakan mahasiswa Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik UMS, Ilham Aziz Saputra, memaparkan bahwa visitasi yang dilakukan hari ini untuk persiapan tahap seleksi wilayah.

“Tadi cek fungsi robot, cek ukuran lintasan, dan tempat untuk pemilah sampah,” papar Ilham saat ditemui setelah running test, Rabu, (1/5).

Ilham juga membeberkan bahwa pada tahun ini KRTMI mempertunjukan robot dengan mengambil 5 jenis benda, namun di setiap benda dibagi menjadi 2 macam, meliputi sampah daun (kering dan basah), kertas (koran dan bungkus), plastik (berwarna dan bening), logam (ferro dan nonferro).

“Alhamdulillah UMS mendukung penuh untuk kegiatan ini. Dengan dukungan yang diberikan kami semakin fokus untuk menuju seleksi tingkat wilayah. Semoga bisa mendapatkan juara,” pungkasnya.

Senada dengan Tim RR El Ganador, Tim Megalodon UMS yang akan berlaga pada divisi KRSRI yang di ketuai oleh M. Dwiki Aji Nugroho siap melaju ke seleksi tingkat wilayah setelah melakukan running test.

“Kami tim RR Megalodon UMS siap dengan semaksimal mungkin untuk mengikuti seleksi KRI 2024 tingkat wilayah dan semoga lolos ke tingkat nasional sehingga nama besar UMS akan semakin melambung tinggi,” pungkas ketua Tim Megalodon UMS. (Yusuf/Humas)