You are currently viewing UMS Jadi Tuan Rumah FGD Sekaligus Diminta Jadi Reviewer Visual LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah

UMS Jadi Tuan Rumah FGD Sekaligus Diminta Jadi Reviewer Visual LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah

ums.ac.id, PABELAN – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah Focus Group Discussion (FGD) Optimalisasi Konten Digital dan Website Instansi LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Rabu (13/3), yang dilaksanakan di Lantai 6 Ruang Sidang BPH UMS. Selain itu, Humas UMS diminta menjadi reviewer visual dari LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah .

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs, Harun Joko Prayitno, M.Hum., mengucapkan selamat datang di UMS. Semoga LLDIKTI Wilayah VI ini dapat menjadi garda utama dalam melakukan transformasi digital.

“Komunikasi adalah kunci sukses. Website dan konten yang paling update harus selalu ditingkatkan,” tegas Harun.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Handoko, mengungkapkan pengembangan konten digital dan website perlu diperhatikan kualitas isi konten maupun visual gambar yang mendukung.

“Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setiap tahun. Selain itu, perlu juga dilakukan pembagian tugas siapa yang memegang website, konten, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Menurutnya, media apapun bisa dijadikan ruang publikasi informasi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Umum LLDIKTI, Adhrial Refaddin, SIP, MPP, menyampaikan kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti hasil pertemuan sebelumnya.

“Prinsipnya layanan kami itu apa yang diinginkan oleh stakeholder, terkait pengembangan laman dan optimalisasi website. Targetnya nanti 17 Agustus launching laman baru, atau sebelum itu pada momen Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei juga bisa launching,” papap Adhrial Refaddin.

Staf Humas UMS, Singgih Eko Yudistiro, S.I.Kom, mengungkapkan hal pertama yang dilakukan adalah melakukan riset.

“Pada awal tahun 2022 lalu, kami melakukan riset dari audiens UMS, dengan memperhatikan segmentasi dan target sasaran,” jelasnya.

Singgih juga memaparkan terkait ‘Brand Persona’. Brand Persona ini adalah sekumpulan ciri kepribadian, sikap dan nilai yang ditampilkan oleh brand secara teratur untuk membantu terhubung dengan audiens. Sederhananya, brand persona adalah cara menggambarkan sebuah brand jika itu adalah seorang manusia.

“Kemudian Brand Persona itu digunakan untuk visualnya. Secara persona UMS itu seperti apa, jadi brand persona UMS dimensi ada di kebaruan atau up to date. Itu lah yang digunakan untuk melakukan navigasi konten yang akan dibuat,” pungkasnya. (Fika/Humas)