You are currently viewing Haedar Nashir dan Rektor UMS Resmikan Rumah Sakit RS Hj. Fatimah Sulhan Demak

Haedar Nashir dan Rektor UMS Resmikan Rumah Sakit RS Hj. Fatimah Sulhan Demak

  • Post author:
  • Post category:Berita

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr Haedar Nashir meresmikan sejumlah Rumah Sakit di bawah naungan Muhammadiyah. Peresmian dipusatkan di Rumah Sakit (RS) Hj. Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak, Jateng, Sabtu (10/4/2021).

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si turut melakukan pemotongan pita dalam peresmian Rumah Sakit (RS) Hj. Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak.

Selain itu juga diresmikan empat Rumah Sakit lainya yang meliputi RS PKU Muhammadiyah Wonogiri, RS PKU Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga, RS Muhammadiyah Pedan Klaten dan RS Aisyiyah Jepara.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si. menyampaikan bahwa Muhammadiyah turut hadir dalam membantu masyarakat di bidang pelayanan kesehatan.

“Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Muhammadiyah turut hadir untuk membantu memajukan bangsa dan negara, di bidang pelayanan kesehatan,” kata Haedar Nashir.

Sedangkan Sofyan Anif berpesan agar rumah sakit Muhammadiyah bisa memberikan kotribusi dalam bidang kesehatan di daerah Demak dan sekitarnya bagi masyarakat.

Dalam sambutan Wakil Ketua PD Muhammadiyah Demak, dr. Fuad Al Hamidy M. Kes, ARs bercerita asal usul dari nama Rumah Sakit (RS) Hj. Fatimah Sulhan yang diambil dari nama pewakaf sebagai bentuk penghormatan spirit beramal.

“Nama rumah sakit ini diabadikan dari nama kedua orang tua pewakif. Yaitu, Hj. Fatimah dan H. Sulhan sebagai penghormatan sekaligus spirit beramal yang diharapkan selalu menjadi motivator kita semua,” kata Wakil Ketua PD Muhammadiyah Demak dr. Fuad Al Hamidy M. Kes, ARs.

Rumah Sakit Hj. Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak berdiri diatas tanah waqaf seluas 1,5 hektar yang diberikan sesepuh dan tokoh masyarakat Demak yakni H Sunaryo (alm) dan H Sugiarto. Semula tanah wakaf seluas 1 (satu) hektare kemudian mendapat tambahan wakaf warga Muhammadiyah dan kaum muslimin Demak seluas 5000 m2, sehingga luas tanah seluruhnya sekitar 1,5 hektare.

Fasilitas Rumah Sakit Hj. Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak terdiri dari 3 lantai dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 100 tempat tidur. Selain itu pelayanan yang dimiliki yaitu pelayanan gawat darurat 24 jam, pelayanan medik umum, pelayanan medik spesialis (spesialis penyakit dalam dan spesialis anak), pelayanan medik spesialis penunjang yaitu radiologi dan patologi klinik, pelayanan kefarmasian, penunjang klinis dan pelayanan bank darah. (Brondy/Humas)