You are currently viewing Buka Bersama FKI UMS Jadi Momentum Silaturahim dan Memperkuat Etos Kerja

Buka Bersama FKI UMS Jadi Momentum Silaturahim dan Memperkuat Etos Kerja

ums.ac.id, SURAKARTA – Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara buka puasa bersama pada Selasa (2/4) di Ruang Seminar Gedung J FKI UMS. Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun selama bulan Ramadan ini dihadiri oleh seluruh dosen, karyawan, hingga purna tugas FKI UMS.

Dalam sambutannya, Dekan FKI UMS, Nurgiyatna S.T. M.Sc. Ph.D., menyatakan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini merupakan salah satu tradisi yang bertujuan untuk merawat rasa kekeluargaan di FKI UMS.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan tujuan menjalin tali silaturahim dalam keluarga besar FKI UMS,” ungkap Nurgiyatna.

Tidak hanya untuk merawat kekeluargaan, agenda tersebut juga sebagai upaya untuk memperkuat visi dan misi FKI UMS. Saat ini, FKI UMS telah berkembang pesat dengan memiliki empat Program Studi, yaitu S1 Ilmu Komunikasi, S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, dan S2 Magister Informatika.

Sebelum waktu berbuka tiba, kegiatan dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh H. Dodok Sartono, SE., MM., yang merupakan Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah. Dalam tausiyahnya, Dodok Sartono mengajak untuk menjaga etos kerja, terutama di lingkungan FKI UMS. Ia menegaskan pentingnya bekerja keras dan meyakini hukum kekekalan energi.

“Dalam bekerja, saya sangat meyakini hukum kekekalan energi. Bahwasanya energi itu tidak akan musnah, hanya saja mungkin berubah bentuk,” jelas Dodok Sartono.

Dodok Sartono menjelaskan bahwa setiap energi yang masuk, akan sebanding dengan energi yang dikeluarkan.

Dodok Sartono juga menekankan bahwa setiap individu akan memanen hasil sesuai dengan apa yang mereka tanam saat bekerja. Ia memberikan perumpamaan bahwa jika seseorang digaji 2 juta, tetapi kinerjanya sebanding dengan digaji 5 juta, maka 3 juta sisanya akan mereka panen di masa yang akan datang.

“Tetapi sebaliknya, jika seseorang digaji 2 juta, tetapi kerjanya malas-malasan, tidak sebanding dengan gajinya, maka ia juga akan memanen kerugiannya di kemudian hari,” tambahnya.

Acara buka puasa bersama ini berlangsung dengan penuh kehangatan dan semangat kebersamaan, mengukuhkan kembali ikatan kekeluargaan di lingkungan FKI UMS.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semangat kerja dan solidaritas di FKI UMS semakin terjaga dan berkembang, serta memperkuat komitmen untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. (Maysali/Humas)